macam kerusakan mobil

7 Macam Kerusakan Mobil dan Penyebabnya, Wajib Tahu

Macam Kerusakan Mobil yang wajib kamu ketahui. Sebab mobil jadi kendaraan yang paling nyaman dikendarai, apalagi di negara tropis seperti Indonesia ini. Keadaan iklim yang yang memang panas, membuat mobil jadi pilihan yang tepat untuk perjalanan Anda.

Namun seringkali ada kerusakan mobil yang disepelekan. Ada apa saja? Berikut ini simak penjelasannya.

Berbagai Macam Kerusakan Mobil

Ada beberapa macam kerusakan mobil yang sebaiknya tidak boleh Anda sepelekan. Jika sudah rusak segera bawa ke bengkel langganan maupun yang sudah terpercaya. Jangan sembarangan untuk membenahinya sendiri.

Nah, berikut ini beberapa kerusakan yang Anda perlu tahu.

1. Kerusakan Shockbreaker

Kerusakan ini cukup menimbulkan risiko bagi keselamatan Anda. Sebaiknya segera lakukan penggantian shockbreaker mobil supaya semuanya aman terkendali.

Shockbreaker yang rusak ditandai dengan gejala memantul yang keras, dan gemuruh saat melewati jalanan berlubang. Penyebab kerusakan dikarenakan usia pemakaian dan terlalu sering berkendara di jalanan berlubang.

2. Kerusakan Radiator

Jika terjadi kerusakan pada radiator, Anda juga perlu memperbaikinya. Lantaran radiator merupakan komponen penting dari mesin mobil Anda. Penyebab kerusakannya dikarenakan saluran radiator yang mampet oleh kerak karat.

Ciri kerusakan radiator dapat kita kenali dengan berkurangnya air radiator dengan cepat. Naiknya suhu mesin saat mobil berjalan dijalanan macet atau saat mobil menanjak.

Radiator ini terdiri dari air yang bersirkulasi, untuk keluaran mobil baru selalu gunakan air tipe coolant. Air coolant tidak mengandung mineral yang membuat karat. Untuk itu rutin menguras air radiator setiap 2 tahun sekali menggunakan air coolant.

3. Kerusakan Rem

Rem adalah bagian mobil yang cukup krusial dalam sebuah kendaraan. Jika Anda tidak memiliki keahlian khusus jangan coba coba untuk memperbaikinya sendiri. Sebaiknya bawalah ke bengkel yang tepat dan terpercaya.

Ciri kerusakan rem adanya getaran pada pedal kaki atau stir saat mengerem pada kecepan tinggi. Selain itu bunyi piringan bergesekan walaupun tidak dalam pengereman.

Selain dari usia, kerusakan part ini karena pengereman yang kasar dan keras. Lebih baiknya gunakan rem dengan halus dan dengan bantuan engine brake.

4. Kerusakan Timing Belt

Kalau ada kerusakan di bagian timing belt atau sabuk yang menghubungkan kruk as serta camshaft mobil, maka jangan mencoba untuk memperbaikinya sendiri. 

Karena timing belt merupakan komponen penting yang akan membuat mesin beroperasi setiap harinya. Selalu ingat usia pakai timing belt, dan perhatikan gejala kerusakan timing belt seperti karet yang getas dan sering ada bunyi selip.

5. Kerusakan Fuel Pump

Jika pompa bakar mobil Anda rusak, maka segera lakukan perbaikan ke bengkel. Bagian ini adalah komponen yang mendorong bahan bakar ke injektor. Jika Anda salah memperbaiki maka kerusakannya akan semakin parah.

Kualitas bbm mempengaruhi keawetan dari part-part ini. Lakukan pembelian bbm di tempat yang terpercaya. Hindari penggunaan bbm yang dibawah standar yang ditetapkan oleh pabrikan mobil tersebut.

6. Kerusakan Pengapian

Macam Kerusakan Mobil yang lain ialah pengapian mobil. Rpm mesin akan menjadi pincang bahkan tidak bisa nyala jika masalah pengapian ini muncul. Ada banyak part yang harus maintenance seperti, busi, coil, dan ecu.

Paling sering bermasalah yaitu busi dan coil, walaupun kadang kala permasaahan terletak pada kabelnya yang putus atau sobek. Untuk merawatnya, Anda mesti hafal usia pemakaian busi dan perindungan kelistrikan dari percikan air.

7. Kerusakan Mesin

Kerusakan part mesin biasanya karena keterlambatan penggantian oli atau penggunaan bbm yang kualitasnya rendah. Oli yang terlampau lama tidak diganti menyebabkan perubahan bentuk dari cair menjadi padat seperti jelly, hal itu dapat menyumbat saluran mesin.

Begitu juga dengan kualitas atau oktan bensin rendah, yang mengakibatkan part piston dan ruang bakar cepat berkerak. Selain itu residu dari bensin berkualitas rendah akan membuat saluran filter lebih cepat mampet.

Demikian 7 macam kerusakan mobil yang mesti kamu paham. Baca juga :

Mesin Mobil Diesel, Bensin, Hingga Rotary

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *