Jenis mesin mobil (pixabay.com)

Mesin Mobil Diesel, Bensin, Hingga Rotary

Mesin Mobil sendiri memiliki fungsi yang sangat vital. Sebab, tanpa adanya komponen ini maka mobil tidak bisa melaju. Mesin ini akan mengubah energy, dari energi panas menjadi energi gerak pada kendaraan tersebut.

Sementara itu jenis mesin pada kendaraan mobil juga sangat penting untuk Anda ketahui. Tujuannya adalah supaya mobil senantiasa bisa mendapatkan perawatan yang baik.

Macam Mesin Pada Mobil

Mesin Mobil Diesel

Secara umum mesin disel merupakan mesin dengan memanfaatkan embun dari solar yang dikabutkan oleh injektor. Embun tersebut terbakar melalui kompresi tinggi dari piston mesin diesel.

Dengan kompresi tinggi tersebut, mesin diesel lebih cocok dengan fitur turbocharger. Mesin ini tidak memiliki busi seperti mesin bensin. Biasanya mesin diesel hanya memiliki satu busi starter atau busi pemanas, berguna saat pertama kali mobil dinyalakan.

Kelebihan mesin diesel lebih mudah dalam perawatan, secara durabilitas sangat mampu diandalkan di medan manapun, dan terbuti lebih panjang usia pakai daripada mesin bensin.

Secara tenaga, mesin diesel memiliki torsi yang sangat besar, tak jarang digunakan sebagai mobil drag race. Dalam event drag race car, monster diesel selalu menduduki peringkat pertama.

Kelemahan mesin diesel apabila pemilihan solar berkualitas buruk, dapat mengakibatkan tersumbatnya injector / common rail. Kelemahan lainnya, jika terjadi kerusakan pada komponen mesin diesel, biaya part diesel sedikit lebih mahal daripada mesin bensin.

Mesin Mobil Bensin

Mesin berbahan bakar bensin merupakan mesin yang paling umum beredar. Akselerasi yang spontan membuat mesin ini nyaman digunakan untuk mobil MPV atau sedan mewah.

Kelebihan mesin bensin, perawatan yang murah dan cukup familiar bagi bengkel umum. Sehingga lebih mudah dalam mendeteksi kerusaan atau mencari part pengganti.

Kelemahan mesin bensin cenderung lebih boros BBM daripada mesin diesel. Secara durabilitas tidak sekuat mesin diesel. Memiliki usia pakai yang cenderung lebih cepat daripada diesel.

Mesin Mobil Rotary

Insinyur Jerman Felix Wankel pertama kali mengembangkan rotary ini, sehingga mendapat julukan mesin wankel. Mesin ini memiliki cara kerja pembakaran dalam dengan gerakan memutar. Pembakaran terjadi oleh dua busi leading dan trailing.

Tidak seperti piston yang memiliki gerakan naik dan turun, mesin wankel ini memanfaatkan ledakan pembakaran dari satu sisi yang membuat poros rotor berputar dan menggerakkan roda gila.

Kelebihan mesin rotary memiliki bobot yang ringan dan ringkas secara komponen. Mesin ini memiliki performa yang luar biasa, tak jarang sebagai andalan pada mesin balap. Pabrikan Mazda menggunakan mesin ini untuk tipe RX-7 dan RX8.

Untuk tipe mesin satu ini memiliki kelemahan yaitu dari segi perawatannya. Terbilang cukup jarang bengkel yang paham dengan cara kerja mesin ini. Jika pun ada bengkelnya pasti jasanya juga sangat mahal.

Beberaoa Fitur Mesin Pada Mobil

Mesin VTEC

Mesin ini biasanya terdapat pada pabrikan Honda. Tipe vtec ini sangat efisien dari segi pembakaran. Terbukti mobil besutan Honda memiliki konsumsi bahan bakar yang terbilang irit.

Mesin vtec memiliki cara kerja merubah valve timing saat putaran rendah maupun tinggi. Tujuannya untuk membedakan profil cam saat membutuhkan tenaga lebih atau tidak. Sehingga konsumsi bahan bakar menjadi lebih efektif.

Mesin VVT-I / Dual VVT-I

Variable Valve Timing with intelligence, merupakan teknologi unggulan pabrikan Toyota. Teknologi ini berkerja sedemikian rupa mengatur efisiensi pembakaran pada tiap kecepatan, RPM, dan injakan pedal gas.

Pada VVT-I, variable input/in diatur guna mendapatkan asupan udara dan bahan bakar yang sempurna. Sedangkan Dual VVT-I mengatur variabel klep in dan klep out, Sehingga memaksimalkan efisiensi dari mesin Toyota ini.

Mesin Turbocharger

Turbo charger merupakan sistem yang menginduksi kompresi menjadi lebih besar dengan bantuan putaran turbin. Turbin dapat berputar karena adanya dorongan dari gas buang. Turbin sendiri membutuhkan pelumasan oli yang berada di dalam turbo itu sendiri.

Gas buang tersebut selain memutar turbin juga masuk kembali untuk mengisi kompresi pada ruang bakar. Namun sebelum itu, gas buang yang panas didinginkan melalui intercooler sebelum masuk ke ruang bakar.

Mesin Supercharger

Secara peruntukan, antara turbocharger dan supercharger sama-sama bertujuan untuk memadatkan kompresi mesin supaya menghasilkan torsi yang besar. Namun pada supercharger tidak memanfaatkan semburan gas buang, melainkan melalui katup penghisap udara.

Dari penghisap tersebut masuk ke dalam ruang bakar yang mengakibatkan semakin padatnya kompresi mesin. Keunggulannya, pada supercharger ini udara masuk tidak perlu intercooler lagi. Secara tenaga lebih instan daripada turbocharger

Menjaga Mesin Mobil Tetap Awet

Biasanya mobil yang melaju di jalan raya sudah menggunakan mesin berupa pembakaran internal atau ICE. Secara teori, mesin ini akan bekerja dengan cara melakukan konversi dari energi kimia menjadi energi mekanis.

Energi kimia dalam bahan bakar kemudian akan berubah menjadi energi termal dahulu melalui proses pembakaran. Oleh karena itu perawatan serta pelumasan yang tepat juga sangat penting untuk Anda perhatikan.

Dalam mesin sendiri juga masih ada komponen maupun bagian-bagian lainnya. Sebut saja seperti kepala silinder sampai dengan yang ada dalam blok mesin.

Jika kap mesin terbuka, maka kepala silinder bisa terlihat menonjol sebab posisinya ada di atas. Sementara itu blok silinder berada di bagian bawah kepada silinder yang bertujuan supaya tidak terjadi kebocoran kompresi.

Tidak hanya itu saja, melainkan piston juga akan memainkan peran penting pada bagian mesin kendaraan roda empat ini. Sebab komponen ini memiliki fungsi yang sangat vital.

Mesin mobil baik itu transmisi manual atau matic pada dasarnya juga akan memiliki karakter yang berbeda-beda.

Namun secara perawatan memiliki pola/rumus yang sama. Pada mesin kompresi tinggi perlu memperhatikan oktan bensin. Semakin tinggi kompresi semakin tinggi oktan yang dibutuhkan.

Perawatan oli pun demikian, penggantian secara berkala adalah wajib bagi mesin-mesin dengan sistem pembakaran menggunakan BBM. Sebab pada periode tertentu hasil pembakaran tersebut menimbulkan kerak karbon yang harus melalui penggantian oli.

Baca Juga

Pilih Mobil Investasi, Baca Sebelum Beli Mobil Bekas!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *