toyota-land-cruiser-fj40

Pilih Mobil Investasi, Baca Sebelum Beli Mobil Bekas!

Mobil Investasi – Memiliki kendaraan roda empat adalah impian para penggemar otomotif. Dari usia muda hingga orang tua, selera otomotif hampir mustahil untuk dihilangkan.

Sebab, kendaraan saat ini sudah menjadi sebuah hal yang wajib untuk digunakan sehari-hari. Baik yang belum membeli kendaraan maupun yang sudah membeli kendaraan.

Selalu ada terbesit keinginan untuk memiliki kendaraan sendiri, terutama kendaraan roda empat. Selain bisa terhidar dari panas dan hujan, kendaraan roda empat bisa juga menjadi sarana meng-explore hobi, terutama bagi kaum pria.

Dari hobi tersebut, tak jarang yang menjadikan mobil sebagai barang investasi. Mobil investasi yang dimaksud adalah membeli sebuah mobil yang valuenya tetap bertahan. Bahkan dapat menjadi lebih mahal karena histori maupun spesifikasi mobilnya.

Seiring dengan value yang bertambah, perawatan dan pajaknya pun harus tergolong murah. Sebab itulah mobil dapat dikatakan investasi, yaitu yang tidak banyak membuang uang namun dapat dijual dengan nilai yang bertahan bahkan lebih.

Saat kita ingin beli mobil bekas yang dapat jadi mobil investasi, tentu mobil bekas tersebut harus masuk dalam kriteria potensial penyandang predikat “mobil invest”.

Berikut beberapa mobil yang cocok untuk investasi :

Investasi Mobil Bekas

1. Honda Jazz GD3 / GE8 Bekas

jazz gd3 dan ge8

 

JAZZ GD3 & GE8 by sellomedia bantul

Baik tipe gd3 atau ge8, honda jazz tetap masuk dalam daftar mobil paling laris sepanjang masa. Walaupun kebanyakan orang lebih memilih kendaraan dengan banyak kursi, kendaraan ini termasuk dalam kendaraan favorit yang layak diperhitungkan.

Hal ini bukan tanpa alasan, mengingat anak muda yang lahir tahun 90an, debut pertama mobil ini sangat berkesan ketika mereka masih berusia belasan tahun. Pada saat itu mobil didominasi oleh sedan, mpv dan suv.

Kedatangan bentuk baru yang disebut hatchback ini menjadi imajinasi tersendiri bagi penggemar otomotif pada saat itu. Alasan lain ialah dari segi usia mobil yang sudah mengusung teknologi modern.

Sehingga dalam hal perawatan mesin jauh lebih mudah, sebab mobil ini telah dilengkapi konektor universal OBDII. Konektor ini akan memudahkan teknisi mendeteksi kerusakan dengan bantuan scanner.

2. BMW e36 / e46 Bekas

 

BMW E36 Pixabay

Sama halnya dengan honda jazz, bmw e36 maupun e46 banyak disukai oleh penggemarnya yang yang lahir di era 80-90an. Pada masa itu sedan dengan grill depan yang khas ala BMW menjadi primadona di film-film indonesia.

Tak jarang yang memiliki bmw adalah dari kalangan orang-orang kaya. Pemuda pada jaman itu, hanya bisa berharap suatu saat nanti dapat memiliki mobil semewah BMW. Hingga kini pun, seri BMW masih mendominasi di berbagai kalangan pasar.

Tertutama dari segi keandalan, mobil ini sangat potensial untuk dijadikan mobil balap drift. Tinggal mengubah beberapa komponen mesin seperti piston set, knalpot dan perangkat elektrik. BMW e36 maupun e48 sudah mampu melibas sirkuit drift yang bertumpu pada penggerak roda belakang.

3. Taft/Rocky/Hiline

 

TAFT Kebo Pixabay

Siapa yang tak mengenal daihatsu taft series ini. Sudah pasti kelahiran 80-90an mengenal mobil ini, kecuali yang lahir dan besar di daerah perkotaan yang sangat jarang dilewati oleh mobil 4×4. Yang notabene mobil 4×4 ini dapat ditemukan di habitat lumpur dan hutan.

Jaman modern seperti sekarang ini ada saja penggemar yang meregenerasi mobil ini seperti originalnya dulu. Tentu membuat jiwa muda bapak-bapak kekinian semakin membara. Bagimana tidak, untuk bisa memiliki kendaraan ini kita membutuhkan dana sekitar Rp.150.000.000 untuk harga bekas di tahun 2022.

Yang ditawarkan pada mobil ini bukanlah kecepatan, melainkan pengalaman berkendara yang membawa kembali pada dimensi petualangan ala jaman dahulu.

Dapat kita bayangkan jika ada taft series ini yang masih utuh dan mulus. Kamu sanggup membelinya dengan harga berapa guys? Sayang ya seri rocky terbaru saat ini tidak dibekali mesin diesel 4×4 dan body yang tinggi seperti seri terdahulu.

4. Landcruiser FJ40 Fj80

 

LAND CRUISER FJ40 Pixabay

Semua pecinta otomotif pasti sudah kenal dengan landcruiser series. Semua tipe mobil besutan toyota ini menjadi andalan untuk seri mobil terbaik di jajaran SUV besar.

Landcruiser masih dibanderol dengan harga yang cukup fantastis. Untuk tipe fj40 si mobil penculik berkisar Rp.120.000.000 hingga Rp.250.000.000. Sedangkan untuk tipe fj80 berkisar Rp.400.000.000 hingga Rp.600.000.000.

Mengingat pada jaman itu tahun 1995, Fj80 dibanderol oleh toyota dengan harga 170jtan. Kelihatan mahal karena nilai mata uang terus mengalami penurunan tiap tahunnya.

Flashback ke tahun 1995, harga emas per gram kala itu Rp.28.000. Saat ini harga emas menyentuh harga Rp.1.000.000 per gramnya, yaitu 36x lipat. Artinya 170jt x 36 = 6,1M.

Lain halnya dengan beras tahun 1995 ialah Rp.600 per liternya. Saat ini harga beras per liternya ialah Rp.14.500 yaitu 24x lipatnya. Artinya harga 170jt x 24 = 4M.

Ya cukup sepadan jika harga second saat ini ialah 400-600jtan. Mengingat nilai landcruiser pada saat itu ialah 4M-6M jika mengikuti nilai mata uang saat ini.

5. Sedan Hatchback Bekas

 

Photo by Jean Carlo Salas from Pexels

Sedan hatchback seperti starlet, estilo dan nouva kini menjadi primadona di kalangan pecinta mobil klasik. Pasalnya, mobil ini mampu mengembalikan aura berkendara di era 90an.

Jika taft adalah rajanya lumpur, starlet, civic estilo dan civic nouva ini adalah rajanya aspal. Performa mesin yang tidak perlu diragukan lagi.

Tenaga yang dapat diandalkan tentu membuat mobil ini semakin mudah di modifikasi balap. Mulai dari street race, touring car racing, rally hingga drag race.

Demikian yang dapat Kami ulas untuk mobil investasi impian kalian. Kalian pilih mana guys?

Baca Juga

Proses Pengecatan Body Mobil

3 Perawatan Body Mobil Berdasarkan Rentang Waktu

3 Langkah Memilih Cat Mobil Terbaik

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *