usaha modal kecil

Patut Dicoba, Usaha Modal Kecil Tahun 2022

Usaha Modal Kecil –  Mempunyai usaha sendiri merupakan suatu hal yang menyenangkan. Selain kita bisa bekerja sebagai karyawan di sebuah perusahaan, berbisnis sendiri dapat menjadi cara untuk menambah penghasilan. 

Menjadi pengusaha tidak perlu ijazah maupun pengalaman kerja. Yang dibutuhkan ialah modal usaha itu sendiri. Modal dapat berbentuk materi dan non materi.

Sebelum kita mengetahui usaha modal kecil, ada baiknya kita membahas modal non materi supaya terbentuk pola pikir seorang pengusaha yang benar-benar matang.

Salah satu contoh modal non materi ialah pengetahuan, mindset, mental, kemampuan komunikasi, dll. Modal non materi ini adalah kebutuhan utama dalam membangun sebuah bisnis.

Pasalnya, banyak orang di luar sana menggebu-gebu ingin membuka usaha, namun tidak begitu kuat dengan arus pasang surut omzet dan pelanggan.

Modal Usaha Non Materi

1. Pengetahuan Bisnis

Ilmu tentang bisnis tidak hanya ditemukan dalam dunia pendidikan. Sekarang ini banyak media online seperti artikel dan video youtube yang dapat dijadikan wawasan sebelum membuka usaha.

Sebagai pondasi yang harus dipelajari ialah arus kas, struktur organisasi dan marketing. Tiga materi ini wajib dikuasai sebagai seorang pebisnis pemula.

Seiring berjalannya waktu, pengusaha wajib mengembangkan usahanya dan memperbanyak pengetahuan tentang bisnis, seperti pengembangan setiap divisi dalam struktur organisasi, dan juga terkait hukum dan pajak.

2. Mindset Bisnis

Pola pikir atau mindset adalah suatu keadaan yang tidak bisa diubah dalam waktu singkat. Sebaik apapun kita memiliki modal materi, tanpa mindset yang jelas, materi tersebut akan segera sirna.

Bayangkan ketika kita mendapat ilmu bisnis dari seorang pengusaha besar, saat menerima tutorial tersebut mindset kita tidak berada pada proses yang mereka lalui. Tentu ilmu atau tutorial bisnis tersebut akan sia-sia.

Ibarat kita menerima sebuah mobil untuk menuju suatu tempat, tidak peduli seberapa bagus dan kencangnya mobil tersebut, apabila kita belum bisa mengendarainya, maka akan percuma bahkan berbahaya.

3. Mental Bisnis

Mental pebisnis ialah mental baja yang tak kenal kata baper dan menyerah. Seorang pebisnis tidak mudah terdistraksi oleh hal receh di luar tujuan utama mereka.

Pebisnis pasti sudah biasa menghadapi customer pemberi harapan palsu (PHP), menerima kritikan pedas, diremehkan dan ditekan oleh pesaing yang iri.

Bayangkan jika kita terlalu baper menanggapi hal itu, setiap hari akan ada air mata yang menggenangi kasur kita. Dan itu bukan sebuah solusi sebagai seorang leader / pengusaha.

4. Kemampuan Komunikasi

Sebetulnya bukan hanya kemampuan komunikasi saja yang harus dilatih, kemampuan yang lain dan potensi diri yang sudah ada harus terus diasah dalam perjalanan berbisnis.

Komunikasi memang sangat penting dalam sebuah bisnis. Agar orang lain mengerti apa yang kita tawarkan, agar orang lain yakin dengan kualitas yang kita punya. Semuanya membutuhkan komunikasi, baik verbal, non verbal maupun dalam bentuk media elektronik.

Memang tidak serta merta langsung mahir menerapkannya. Semua butuh proses, dan yang paling penting jalani dahulu bisnisnya, baru mempelajari skill-skill yang lain. Setiap proses maupun ilmu membutuhkan mentor yang lebih berpengalaman dari kita.

Ide Usaha Modal Kecil

Tahun 2022 ini merupakan tahun dimana banyak bisnis baru bermunculan, akibat dari fenomena PHK di masa pandemi. Mau tidak mau kita harus menemukan ide usaha modal kecil yang paling efektif.

Berikut beberapa usaha jasa dan usaha produk yang bisa kamu kembangkan dengan modal kecil.

1. Usaha Jasa 

Usaha jasa dapat dikatakan usaha yang membutuhkan modal yang paling sedikit, bahkan bisa tanpa modal sama sekali.

Kemampuan marketing dan komunikasi sangat diperlukan dalam usaha jasa. Kamu bisa memulai dari menjualkan produk/jasa orang lain supaya bisa mendapatkan pembagian keuntungannya.

10  bisnis jasa ini bisa kamu lakukan dengan modal kecil.

  1. Digital Marketing
  2. Konsultan Bisnis
  3. Makelar Jual Beli
  4. Potong Rambut
  5. Angkutan/ Kurir
  6. Cuci motor/mobil
  7. Konter / service Handphone
  8. Bengkel Cat /Poles Mobil
  9. Laundry Pakaian / Helm / Sepatu
  10. Penulis Artikel

 2. Usaha Produk

Bukan hanya usaha jasa yang bisa modal kecil, usaha produk pun bisa dijalankan dengan modal kecil. Namun kalian harus berhati-hati dengan sistem pinjaman usaha. Lebih baik dengan sistem kerja sama sejenis reseller, dropshiper ataupun kemitraan.

10 bisnis produk yang bisa kalian kembangkan dengan modal kecil:

  1. Pakaian / Daster
  2. Produk Perawatan Wajah / Rambut
  3. Sabun Pembersih untuk Rumah Tangga
  4. Aksesoris Otomotif
  5. Toko Sembako
  6. Warung Makanan Kekinian
  7. Warung Minuman Kekinian
  8. Perlengkapan harian : Masker, sarung tangan dll
  9. Aksesoris Handphone / Laptop
  10. Pet Shop

Demikian beberapa contoh usaha modal kecil yang dapat kamu kembangkan belakangan ini. Ingat, sebagai seorang pengusaha harus memiliki mindset yang benar sesuai dengan nilai yang kalian anut. 

Semua bisnis atau produk tidak pernah salah sepanjang legal dan diterima secara hukum. Ketika kegagalan terjadi yang disalahkan adalah cara pengelolaan bisnisnya. Yaitu kalian sendiri sebagai seorang pemimpin tertinggi dalam sebuah bisnis.

Berhenti menyalahkan orang lain atas segala hambatan. Berhenti mencari alasan atas keadaan yang tidak menyenangkan. DIri kitalah yang bertanggungjawab atas diri kita sendiri.

Fokus pada hal yang bisa kita ubah, bukan pada hal yang tidak bisa kita ubah. Kita tidak bisa mengubah waktu terbitnya matahari. Tapi kita bisa mempercepat waktu tidur agar tidak bangun kesiangan.

Semangat.

Baca Juga :

Usaha Sepi Pengunjung Bertahan Dengan 6 Strategi Jitu in

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *