Cat Mobil Terbaik

3 Langkah Memilih Cat Mobil Terbaik

Memilih Cat Mobil Terbaik –  Cat mobil merupakan pelindung bodi mobil yang berupa cairan yang mengeras. Tentu cairan dengan struktur cross-linking yang tepat. Cat mobil diaplikasikan dengan 2 cara, yaitu penyemprotan menggunakan spray gun atau robot.

Pada saat perakitan mobil, penyemprotan menggunakan robot telah terintegrasi sedemikian rupa. Sehingga terbentuk warna yang seragam antara mobil satu dengan mobil yang lainnya.

Sedangkan penyemprotan dengan spray gun menggunakan 3 cairan. Cairan yang utama ialah cat atau vernish. Cairan yang lainnya sifatnya mempengaruhi cairan utama.

Salah satu cairannya ialah hardener. Yang fungsinya membuat clear yang tadinya cair menjadi keras melalui proses oksidasi. Dan cairan yang lain ialah thinner yang sifatnya mengencerkan cat.

Pemilihan Cat Mobil Terbaik

Seiring berjalannya waktu cat mobil akan mengalami penurunan kualitas. Baik dari faktor usia hingga faktor pemakaian yang kurang terawat. Sehingga banyak orang mengatasinya dengan pengecatan ulang di bengkel cat andalan mereka.

Dari pemaparan diatas, ada baiknya sebelum kita melakukan pengecatan ulang dengan memilih cat mobil terbaik. Untuk itu kita harus mengetahui terlebih dahulu karakter cat mobil terbaik.

1. Cat Berjenis PU (Polyurethane)

Cat mobil terdiri dari beberapa jenis bahan kimia, misalnya saja NC (nitrocelulosa) dan PU (polyurethane). Perbedaan dari kedua bahan tersebut terletak pada tekstur dan kekuatannya.

Cat berjenis NC memiliki tekstur yang lebih lunak seperti karet yang padat. Sedangkan cat berjenis PU memiliki teksutur yang lebih keras seperti kumpulan serbuk yang kuat dan padat.

Dari kedua jenis tersebut, cat mobil sendiri dapat mengeras sempurna apabila bertemu dengan crosslinking yang tepat. Tentu dari campuran zat kimia yang tepat pula.

2. Clear Coat Berjenis HS (High Solid)

Clear Coat atau pernis cat mobil berfungsi sebagai lapisan pelindung sekaligus pengkilap cat mobil. Menjadikan partikel warna cat mobil lebih menyala seperti berada pada pelindung transparan.

Pemilihan clear coat sendiri memiliki beberapa pilihan. Diantaranya MS (Medium Solid) dan HS (High Solid). MS dan HS memiliki perbedaan kecepatan waktu kering. Sifat tersebut mempengaruhi tingkat kilau pada hasil akhirnya.

Cat jenis HS memilki hasil akhir yang lebih kilap (glossy), walaupun dengan waktu kering yang lebih lama dari MS. Selain dua jenis tersebut masih banyak lagi jenis Clear Coat, salah satunya fast dry yang jauh lebih cepat kering.

Intinya, fast dry berguna saat customer menginginkan pengerjaan yang paling cepat. Bagi kalian yang ingin hasil maksimal, lebih baik tidak memburu waktu pengerjaan dan menawar harga terlalu rendah.

Hasil–Harga–Waktu adalah 3 hal yang salah satunya harus dikorbankan.

3. Menggunakan Merk Cat Ternama

Setiap merk cat mobil memiliki harga yang bervariasi, pemilik mobil yang ingin melakukan cat ulang tentu mengharapkan harga yang sangat murah.

Agar merasa beruntung dari orang lain yang mendapat harga mahal. Padahal hal tersebut kurang bijak untuk ditiru. Namun, jangan terpaku pada harga yang mahal demi mengejar kualitas yang belum tentu baik.

Merk cat dan pernis dengan harga standarpun dapat menghasilkan hasil yang terbaik. Apabila dikerjakan dengan standar prosedur dan langkah pengecatan yang tepat.

Rekomendasi BengkelCat.Com untuk merk cat terbaik ialah Nason, Sikkens, Spies Hecker, dan DuPont. Beberapa cat tersebut memang merk terkenal yang telah lama berada di industri cat mobil.

Demikian tips memilih cat mobil terbaik. Untuk kamu yang berada di daerah Jogjakarta bisa mengunjungi bengkel kami autocarbodyrepair di Jl.Palagan Tentara Pelajar KM.13.

Baca Juga

Rekomendasi Bengkel Cat Mobil Jogja Terbaik

3 Ciri Bengkel Cat Mobil Terbaik

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *