Perawatan Body Mobil

3 Perawatan Body Mobil Berdasarkan Rentang Waktu

Perawatan Body Mobil menjadi kegiatan wajib yang dilakukan oleh setiap pemilik mobil. Perawatan tersebut terdiri dari perawatan harian maupun perawatan bulanan/tahunan.

Body mobil yang terdiri dari bahan besi dan alumunium memiliki karakteristik yang mudah korosi.  Untuk itu setiap pabrikan melapisi permukaan body mobil dengan lapisan cat mobil.

Selain untuk pelindung bagian terluar mobil, cat mobil juga mempertegas estetika bentuk dan memberikan warna yang menarik pada body mobil.

Nah untuk itu kalian yang sudah memiliki kendaraan roda empat ini, rajin-rajin lah untuk membersihkan dan merawatnya.

Seperti apakah perawatan bodi mobil tersebut mari kita simak dan terapkan ya teman-teman.

Perawatan Body Mobil Harian

Mobil yang setiap hari dijalankan membutuhkan perawatan harian. Yaitu apabila terkena air hujan hendaknya mobil dibilas dengan air biasa untuk menghilangkan zat asam pada air hujan.

Setelah melakukan pembilasan dan menyingkirkan kotoran dengan tangan, hendaknya mobil segera dikeringkan dengan lap pengering atau biasa disebut kanebo.

Pertimbangkan untuk menggunakan shampo, apabila mobil hendak diparkir lama ada baiknya tidak hanya sekedar dibilas.

Berbicara parkir, Lindungi mobil dari sinar matahari terik. Walaupun begitu jangan terus parkir di bawah pohon juga ya.

Selain menghindari ranting jatuh, getah pohon dan kotoran hewan adalah masalah lain yang bisa merusak cat mobil. Setiap zat asam dapat membuat cat menjadi defect.

Perawatan Body Mobil Bulanan

Setiap bulannya mobil mestinya mendapat treatment yang lebih dari sekedar perawatan harian. Terutama bagi kalian yang sering berkendara dengan mobil.

Saat mobil dijalankan dalam waktu 1 bulan atau lebih, terkadang muncul jamur tipis yang terlihat di body dan kaca mobil, terutama kaca depan.

Kita dapat membersihkan jamur kaca itu menggunakan cairan ringan seperti pasta gigi, gosok perlahan menggunakan sikat gigi bekas.

Untuk jamur pada cat mobil bisa juga menggunakan pasta gigi namun alangkah baiknya dengan shampoo seperti mencuci biasa.

Jamur pada body mobil dan kaca mobil sebenarnya dapat dicegah dengan pemberian wax pada body mobil dan mengeringkan kaca dengan kanebo saat terlihat bintik air yang menempel.

Perawatan Tahunan

Cat mobil memang terdapat usia ketahanan.  Namun usia tersebut dapat diperpanjang dengan perawatan yang tepat dan konsisten.

Membiasakan diri dan memunculkan rasa suka terhadap kendaraan adalah kuncinya. Terkadang kita sebagai pemilik mobil kurang memperhatikan hal ini.

Ada beberapa cara perawatan mobil tahunan yaitu melapisi cat mobil dengan cairan nano coating. Cairan nano coating melindungi lapisan terluar dari cat mobil.

Selain itu Anda bisa melapisi bagian bawah mobil dengan cat anti karat. Cairan anti karat dapat kalian pesan pada bengkel cat maupun tempat cucian mobil.

Kemudian kita bisa melakukan pengecekan pada sela-sela body luar, ruang mesin dan di dalam kabin. Lihat menggunakan senter supaya terlihat spot cat yang terkelupas.

Cek semua sudut yang jarang dibersihkan, pastikan tidak ada tanah yang tertinggal di celah yang sempit. Tanah bercampur air akan mempercepat proses korosi pada bodi mobil.

Untuk itu selalu rajin membersihkan mobil ya teman-teman. Perawatan mobil selain membuat kita aktif bergerak, juga membuat perasaan senang dan puas.

Baca Juga

Cat Mobil Terbaik

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *