PERBEDAAN CAT PUTIH SOLID DAN PUTIH MUTIARA

Pilih Cat Putih Solid atau Putih Mutiara

Cat Putih Mutiara – Cat mobil warna putih sekilas memiliki warna yang seragam, yaitu “putih”. Ya memang putih, namun dibalik keseragaman tersebut memiliki karakter dan efek warna yang berbeda.

Jika sampel cat mobil disandingkan maka akan nampak perbedaan warna putihnya, ada warna putih solid yang lebih terang, ada putih kekuningan, ada warna putih mutiara yang memiliki efek glitter, dan warna putih lainnya.

Apa sih Perbedaan Cat Solid dan Cat Mutiara?

Cat solid adalah cat berwarna biasa tanpa efek apapun di dalamnya. Cat solid biasanya terdapat pada mobil varian terendah hingga tertinggi.

Untuk warna putih pada mobil Honda dengan varian terendah menggunakan putih solid, sedangkan varian tertinggi menggunakan cat putih mutiara.

Lain halnya warna putih pada mobil Toyota yang hampir semua varian terdiri dari putih solid. Sedangkan warna putih pada mobil Mitsubishi menggunakan jenis putih mutiara.

Cat putih mutiara memiliki efek pernik yang merata dan cenderung lebih kuning dari cat solid. Namun secara estetika, cat mutiara lebih unik untuk dilihat. Semua tergantung pada selera.

Cat putih mutiara memiliki 2 bahan cat, yaitu putih dan xyralic mutiara itu sendiri. Pengaplikasiannya berurutan didahului warna putih solid lalu ditimpa dengan cat xyralic.

Mana Yang Paling Mahal Solid atau Mutiara?

Cat mutiara jauh lebih mahal dari cat solid sebab bahan yang digunakan pada cat mutiara memiliki 2 bahan cat. Ditambah dengan tehnik pengecatan yang merata dan sesuai tingkat kerapatan mutiaranya.

Bukan berarti cat solid adalah cat murahan ya sobat. Jika kita lihat merk mobil supercar seperti Ferrari, kebanyakan mobil mereka menggunakan cat solid lho sobat.

Rata-rata biaya pengecatan untuk warna putih solid ialah berkisar 5 – 10 juta tergantung ukuran mobilnya. Sedangkan cat putih mutiara berkisar 7 – 15 juta.

Setiap harga tidak bisa dibanderol secara pasti. Sebab ada kondisi yang membuatnya fleksibel seperti pemilihan bahan cat dan fasilitas yang tersedia pada bengkel cat.

Bagaimana Perawatan Putih Solid dan Putih Mutiara?

Perawatan mobil putih solid dan mutiara bisa dibilang sama. Namun perawatan mobil putih sendiri lebih ekstra daripada warna mobil lain pada umumnya.

Kita tahu warna putih cat mobil gampang sekali untuk meninggalkan bercak kehitaman apabila pencucian yang kurang bersih. Jamur pun lebih Nampak terlihat daripada warna cat pada mobil lain.

Perawatan sederhana untuk cat mobil warna putih ialah :

  1. Tidak boleh ditutup dengan cover mobil
  2. Segera bilas saat terkena air hujan atau kotoran hewan
  3. Area parkir terhindar dari sinar matahari langsung
  4. Pencucian berkala dengan shampoo mobil
  5. Pemberian lapisan nanocoating untuk melindungi cat mobil

Demikian saran yang dapat bengkelcat.com berikan, baik cat solid maupun mutiara tetap pada selera masing-masing. Yang paling penting ialah perawatan mobil yang konsisten dan teratur.

Baca Juga

3 Perawatan Body Mobil Berdasarkan Rentang Waktu

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *