macam warna cat mobil

8 Macam Warna Cat Mobil Dari Solid Hingga Raptor

Warna Cat Mobil sendiri tidak sesederhana warna pelangi mejikuhibiniu. Warna pada cat mobil memiliki karakter partikel dan efek pigmentasi yang berbeda.

Partikel pada cat adalah struktur pembentuk cat itu sendiri. Saat cat disemprotkan pada sebuah bidang, maka partikel akan membentuk susunan warna dan pola pada permukaaan cat.

Saat pencampuran bahan cat berbeda, maka karakter catpun akan berbeda hasil akhirnya.  Untuk itu diperlukan proses mixing yang valid dengan pencahayaan yang terang.

Pada cat metalik misalnya, karakter pada metalik dapat terlihat renggang atau rapat tergantung perhitungan komposisi bahan dan proses pengecatannya.

Sedangkan pigmentasi adalah bahan pembentuk warna pada cat. Kemudian ada efek pigmentasi, efek yang membuat warna pada cat terlihat semakin unik.

Berikut Macam Warna Cat Mobil Keren

1. Solid

Cat Solid adalah cat berwarna biasa tanpa efek apapun di dalamnya. Color solid biasanya terdapat pada mobil varian LCGC seperti brio hingga mobil mewah seperti ferrari.

Warna cat solid masih menjadi tren hingga saat ini, karena pengecatannya yang mudah sehingga hasil yang didapat lebih merata dan konsisten.

Warna solid keren seperti merah ferrari, kuning, dan putih solid.

2. Xirallic / Xyralic / Pearl

Xyralic adalah efek cat yang membuat warna cat menjadi lebih menarik karena serbuk mutiaranya. efek pearl dari xyralic bertekstur lebih merata dan rapat.

Biasanya cat xyralic terdapat pada warna hitam dan putih mutiara. Untuk biaya pengecatan, cat xyralic lebih mahal daripada cat solid.

Aplikasi xyralic tergolong susah-susah gampang, apabila semburan xyralic terlalu banyak maka akan mendapatkan warna yang lebih menguning.

Warna xyralic keren seperti  putih mutiara, hitam xyralic biru, dan ungu xyralic.

3. Candy

Cat candy tone adalah cat transparan dengan efek cat yang nampak basah permukaanya. Penentuan terang atau gelapnya cat candy dipengaruhi dari base coat, biasanya base coat berwarna silver.

Pengerjaan cat candy terbilang sulit, sebab apabila berbeda ketebalan semburan cat candy pada top coatnya maka akan timbul garis atau menjadi lebih gelap.

Untuk itu baik bahan dan jasa cat candy cukup mahal karena butuh tehnik dan ketelitian dari teknisi yang berpengalaman.

Warna cat candy keren seperti merah candy, biru candy dan hijau candy.

4. Bunglon

Cat bunglon / chameleon umumnya terdiri dari 5 warna, ungu, biru, hijau, merah dan kuning yang berganti warna tergantung dari posisi pandang dan cahaya yang menyinarinya.

Biasanya cat bunglon diaplikasikan pada mobil kontes dan mobil hobi yang kerap nongkong  di club mobil saat malam mingguan.

BengkelCat.Com saat menyambangi salah satu store cat mobil asal jerman, untuk harga cat bunglon sendiri perkilogram bisa mencapai Rp 3.500.000. Sangat fantastis.

Jika mobil ukuran middle membutuhkan 3Kg cat, ditambah dengan base coat 2kg, clear coat 2kg, thinner, dan bahan lain dan jasa. Bisa Anda bayangkan berapa harga total pengecatannya.

Warna bunglon keren seperti bunlon 3 warna dan 5 warna.

5. Glitter / Pernik

Cat glitter adalah cat dengan efek pernik yang nampak jelas pada bagian permukaan cat. Glitter sendiri hampir mirip dengan mutiara pada putih xirallic. Hanya saja lebih renggang, tegas dan berwarna warni.

Cat glitter sendiri termasuk cat mahal. Pengaplikasian cat glitter menggunakan angin kompresor atau bisa dicampur dengan clear coat.

Cat glitter cukup sulit disamakan apabila hendak melakukan perbaikan kerusakan pada bagian tertentu. Dibutuhkan tehnik, bahan dan campuran yang sama.

Cat glitter biasanya terdapat pada cat alat musik drum, motor dan mobil kontes. Dan cukup jarang teknisi bisa mengaplikasikan cat glitter ini.

Warna glitter keren seperti glitter metalik, glitter biru dan glitter hijau.

6. Metalik

Warna metalik merupakan motif cat yang umum pada cat mobil pabrikan. Metalik mengandung serbuk metal alumunium yang membentuk karakter seperti serat metal berwarna.

Warna ini cukup sulit diaplikasikan apabila penyemprotan tidak merata, hasil akhir bisa saja belang-belang. Begitu juga dalam proses mixing, cukup membutuhkan ketelitian mata saat menyamakan warna metalik.

Warna metalik cukup familiar dan menarik di mata penggemar mobil. Terutama mobil-mobil jaman dulu yang cukup banyak menggunakan warna metalik ini.

Warna metalik keren seperti silver stone, hijau metalik, dan biru metalik.

7. Doff / matte

Warna cat doff adalah warna dengan karakter redup dan kasar. Cat doff lebih mudah diaplikasikan namun sulit untuk menyamakan warna dan tingkat kekasarannya.

Karakter kasar pada cat doff memberikan kesan agresif dan macho, tingkat kekasaran doff juga bervariasi tergantung keinginan owner. Seperti hammertone bahkan cat raptor.

Cat raptor sendiri memiliki tekstur kasar dan berbintik hampir mirip seperti cat kasar pada risplang bawah pintu.  Fungsi cat raptor sebagai bahan cat yang tahan goresan namun dengan tekstur kasar.

Warna doff keren seperti hitam doff, biru doff dan red doff.

8. Carbon

Karbon sendiri terbagi menjadi 2, motif karbon dengan metode water printing dan motif karbon dengan lapisan bahan serat karbon yang asli.

Cat karbon memberikan kesan ekslusif dan sporty. Biasanya bahan karbon asli digunakan untuk mobil balap dengan tujuan meringankan beban bodi mobil.

Pada umumnya bahan karbon sangatlah mahal dan seringnya hanya berwarna hitam, sehingga penggemar karbon dapat memilih motif karbon dengan cara water printing dengan warna bervariasi.

Warna carbon keren seperti hitam karbon, putih karbon dan biru karbon.

Demikian 8 macam warna pada cat mobil, nambah antusias atau bingung memilih cat yang cocok untuk mobil kesayangan kamu?

Baca Juga

Pilih Cat Putih Solid atau Putih Mutiara

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *