biaya cat mobil full body

Biaya Cat mobil Full Body

Biaya cat mobil full body memang bervariasi pada setiap bengkel cat. Semua itu tergantung pada akses daerah, ukuran mobil, kualitas bahan dan fasilitas. Untuk teman-teman yang penasaran berapa harga pengecatan mobil full body, mari kita bahas.

Faktor Dimensi Mobil

Mobil dengan ukuran sedang seperti honda jazz atau yaris, membutuhkan total base coat dan top coat sebanyak 2kg. Kemudian clear coat sebanyak 2kg.  Ditambah bahan lainnya seperti thinner hingga bahan finishing polish.

Sedangkan mobil dengan ukuran besar seperti fortuner tentu membutuhkan lebih banyak bahan cat. Dari perbedaan ukuran tersebut, kita bisa sedikit mengira-ngira perbandingan harga cat full body sesuai ukurannya.

Umumnya, pengecatan mobil di bengkel biasa dengan ukuran sedang, berkisar antara Rp7.000.000 sampai dengan Rp9.000.000. Harga tersebut tergolong murah, sebab harga modal untuk bahan cat semakin melonjak sejak awal tahun 2022.

Biaya cat mobil full body juga tergantung pada kondisi mobil tersebut. Apakah banyak terdapat bagian bodi yang butuh perbaikan, dan apakah pengecatannya tergolong luar hingga dalam, serta apakah pengecatannya termasuk kategori ganti warna atau tidak.

BengkelCat.Com pernah menjumpai promo cat mobil full body, hanya dengan 2,5 juta saja. Dari promo tersebut, mungkin saja hanya harga jasa pengecatannya diluar pembelian bahan. Sebab saat ini kita semua tahu harga bahan cat mobil yang berkualitas cukup merogoh kocek.

Kualitas Bahan Cat

Saat pengecatan mobil kita membutuhkan base coat, top coat, clear coat, thinner cuci, thinner PU dan bahan poles untuk finishing. Jika ukuran mobil kita adalah Toyota Kijang Innova, kira-kira kita membutuhkan base coat 2kg, top coat 2kg dan clear coat 2kg.

Kualitas bahan cat juga bergantung pada pemilihan jenis dan merk cat. Alangkah baiknya ketahui jenis cat sebelum melakukan proses pengecatan. Baik cat berjenis NC maupun PU sama-sama memiliki kelebihan masing-masing.

Sebetulnya bahan cat sangat fleksibel mengikuti kebutuhan dan keinginan pemilik mobil. Bahan dengan kualitas rendah sudah pasti harganya murah namun dengan tingkat ketahanan yang rendah juga.

Tempat dan Fasiltas

Tempat atau lokasi bengkel mempengaruhi mahal atau tidaknya jasa pengecatan. Distribusi bahan cat terkadang menjadi tantangan tersendiri. Pemenuhan SDM hingga suhu udara juga dipengaruhi oleh lokasi tempat tersebut.

Sedangkan fasilitas adalah sesuatu yang menjadi manfaat bagi customer. Fasilitas dapat berupa garansi, tempat/ruangan pengecatan, dan semua yang mendukung proses pelayanan jasa.

Jadi, kita tidak bisa menentukan harga pasti untuk jasa pengecatan full body. Apabila kita berangkat dari biaya tentu kualitas akan mengiringinya. Sebaliknya, apabila kita berangkat dari kualitas tentu biaya yang akan mengikutinya.  

Diatas tadi kita sempat menyinggung harga pengecatan di bengkel biasa. Namun jika pengecatan itu dilakukan di bengkel ternama, untuk ukuran middle size car sendiri berkisar Rp10.000.000 sampai Rp17.000.000. Mahal atau tidaknya tergantung pada hasil dan fasilitas yang didapat.

Baca Juga

8 Macam Warna Cat Mobil Dari Solid Hingga Raptor

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *