Pengkilap Body Motor Yang Tidak Merusak Cat

Pengkilap Body Motor Yang Tidak Merusak Cat

Pengkilap Body Motor yang tidak merusak cat kerap sulit kita temukan. Padahal perawatan motor tidak jauh berbeda dengan kendaraan lain pada umumnya. 

Yang mana cat motor memiliki struktur cat yang sama, terdapat partikel pigmen warna dan pelindung cat. Karena lapisan terluar dari body kendaraan sama-sama menggunakan lapisan clear coat yang melindungi cat.

Cat pada motor kebanyakan berjenis candy tone atau mutiara yang justru lebih mahal daripada cat solid pada mobil. Perawatan cat jenis itu pun sama seperti cat biasa.

Pengkilap Body Motor

Memilih jenis pengkilap body adalah perkara yang cukup memerlukan perhatian, sebab terkadang kita salah memilih bahan kimia dengan alasan harga yang murah.

BengkelCat.Com sama sekali tidak mensponsori produk tertentu dan tidak juga berniat menjatuhkan produk tertentu. Sebab baik atau tidaknya produk tergantung dari bahan baku pembuat produk tersebut. 

Misal, bahan pembersih plastik justru tidak aman untuk cat. Dan pada artikel ini, Kami menyampaikan hasil pengalaman dan diskusi bersama para teknsi cat. Simak dan terapkan ya teman-teman.

1. Hindari bahan yang mengandung silicone

Bahan silicone dan turunannya memang bermanfaat untuk mengkilapkan body plastic dan karet secara instan. Sifatnya yang licin membuat efek kilau seketika.

Namun silicone jika terlalu sering diaplikasikan pada body plastic maupun permukaan cat, akan membuat bahan tersebut luntur dan berpori. Pori ini akan meresap ke dalam cat dan membuat cat rusak.

Gunakan bahan silicone pada body yang terbuat dari plastik dan karet. Misalnya, karet penyangga atau sisi samping ban motor.

2. Hindari bahan yang sifatnya mengikis permukaan clear (pernis)

Bahan yang dapat mengikis seperti compound atau bubuk amplas. Compound/Kompon sendiri terdiri dari water base dan oil base.

Keduanya memiliki sifat yang mengikis permukaan clear yaitu bagian terluar dari cat motor. Kompon lebih cocok diaplikasikan pada permukaan cat mobil yang jauh lebih tebal dari cat motor.

3. Hindari penggunaan wax dengan campuran silicone

Meski terdengar tricky, sebetulnya hal ini bisa dilihat bentuk produk itu sendiri, apabila terdiri dari bahan cair yang disemprotkan, kemungkinan terdiri dari bahan kimia silicobe atau wax.

Kalian bisa lihat di bagian zat aktif. Lebih baik memilih cairan dengan bahan utamaya wax. Supaya lapisan cat tidak berdampak akibat zat kimia yang terlalu keras.

4. Pilih produk wax murni

Produk wax sangat banyak beredar di pasaran. Salah satunya berjenis paste wax. Setiap produk perawatan body memiliki jenis paste wax ini.

Pengaplikasiannya cukup mudah yaitu setelah motor dicuci bersih, oleskan paste wax sedikit dan merata. Lap menggunakan kain microfiber bukan kain biasa yang bertekstur kasar.

Demikian tips dari BengkelCat.Com tentang pengkilap body motor yang tidak merusak cat. Pada intinya perawatan kendaraan harus menjadi kegiatan rutin yang terus dilakukan.

Anda sendiri lah yang paling tahu kapan harus melakukan perawatan kendaraan kesayangan Anda.

Baca Juga

Cat Motor Warna Biru Doff / Matte

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *