perawatan shock mobil

Tips Melakukan Perawatan Shock Mobil Agar Terasa Nyaman

Perawatan shock mobil bisa Anda lakukan guna menjaga kestabilan kendaraan. Pasalnya shockbreaker atau shock mobil merupakan salah satu komponen yang penting dalam kendaran.

Komponen tersebut mempunyai fungsi dalam menunjang kaki-kaki sera menjaga kestabilan. Bahkan bisa juga meredam mobil dari guncangan ketika melintas pada jalanan yang bergelombang ataupun rusak.

Dapat dikatakan juga bahwa shock mobil juga mempunyai peranan penting dalam menunjang mobilitas dan kenyamanan sebuah kendaraan. Tanpa perangkat ini laju mobil serasa gerobak bermesin.

Maka dari itu, komponen tersebut harus mendapatkan perawatan serta perhatian yang ekstra dari pemilik mobil. Adapun tujuannya yakni supaya pengendara atau penumpang akan merasa nyaman serta aman.

Tips Perawatan Shock Mobil

Untuk perawatannya mencakup banyak hal, namun berikut ini tips yang mudah untuk Anda lakukan dalam menjaga komponen tersebut.

Menghilangkan Kotoran

Memiliki lokasi yang berada pada kolong sebuah mobil, tentunya membuat shock sangat mudah kotor. Terlebih jika musim hujan tiba, akan banyak kotoran yang menempel pada bagian shock mobil tersebut.

Air hujan juga dapat membuat karatan pada sebagian shockbreaker. Jika dibiarkan terlalu lama, dinding pada shock juga akan aus dan semakin terkikis. Hal inilah yang dapat mengakibatkan kebocoran pada shock.

Supaya terhindar dari masalah tersebut, sebaiknya Anda membersihkan pada bagian kaki-kaki mobil. Terkhusus jika setelah melintas di jalanan dalam keadaan sedang hujan. Anda dapat membersihkannya dengan menggunakan air bersih dan juga sabur supaya hasil maksimal.

Rutin Cek Karet Pelindung

Dengan masuknya kotoran pada bagian shock mobil juga berkaitan dengan keadaan karet pelindungnya. Perlu Anda pastikan selalu melakukan pengecekan terhadap karet pelindung pada shock supaya tetap bersih dari kotoran.

Karet yang getas diakibatkan kerak kotoran dan usia pemakaian juga harus diperhatikan. Jika ingin mengganti, pilihlah shock original atau merek shock terkenal dengan keawetannya.

Perhatikan ukuran velg dan ban mobil

Gunakan velg dan ban mobil standar, kalau ingin mobil Anda tetap nyaman dan awet. Menambah diameter velg justru akan membuat profil ban menjadi tipis. Sehingga bantalan karet ban tidak lembut seperti ban standarnya.

Demikian tips perawatan shock mobil yang gampang sekali untuk dilakukan sendiri. Baca Juga

Baca Juga

Ini Jadinya, Jika Velg Avanza Ring 17

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *