Perawatan Mesin Motor

7 Perawatan Mesin Motor Untuk Jadi Pilihan Agar Kendaraan Lebih Awet

Perawatan mesin motor sangat perlu untuk kamu perhatikan, supaya tetap awet dan tidak mudah rusak ya. Untuk merawatnya pun kamu tidak perlu membawanya ke dealer, jika kamu bisa merawatnya sendiri.

Namun banyak juga yang membawa motornya ke dealer, dengan alasan karena takut salah atau tekniknya keliru. Sehingga mereka lebih banyak membawa motornya ke bengkel saja, supaya tidak terjadi kesalahan.

Apalagi sistem pembakaran dengan injeksi, tentu lebih sulit dan membutuhkan alat berupa komputer untuk sistem kalibrasi. Sayangnya tidak semua memiliki alat scanner ecu ini.

Perawatan Mesin Motor Agar Tidak Mudah Rusak

Ketika kamu sudah bisa membeli motor sendiri, maka kamu harus merawatnya supaya tidak mudah rusak. Namun merawat motor pun tidak dapat kamu lakukan dengan sembarangan, harus menggunakan cara yang benar, ya. Berikut penjelasan untuk bagaimana caranya merawat motor dengan benar.

1. Rajinlah Untuk Memanaskan Mesin Motor

Sebelum motornya kamu gunakan, maka selalu panaskan mesinnya terlebih dahulu. Biasanya memanaskan mesin motor dilakukan saat pagi hari, minimal sekitar 5 menit saja untuk pemanasannya. Hal tersebut bertujuan agar mesin motor kamu tidak mudah rusak.

2. Selalu Gunakan Bahan Bakar Yang Beroktan Tinggi

Sebaiknya kamu menggunakan bahan bakar yang beroktan sekitar 90, karena hal tersebut dapat membuat mesin berjalan sempurna. Sehingga nantinya mesin kamu akan lebih awet ya.

3. Hindari Untuk Membawa Barang Yang Melebihi Muatan Motor

Muatan motor yang standar minimal adalah 120-130 kg saja, sehingga jika kamu akan membawa barang maka jangan melebihi muatan tersebut. Karena dapat membuat mesin menjadi terkuras karena melebihi batas kemampuannya.

4. Sering Untuk Membersihkan Motor

Kamu dapat mencuci motor secara berkala, hal tersebut juga bertujuan untuk merawat mesin. Karena ketika motor yang jarang dibersihkan, maka mesin akan cepat rusak.

Serangkaian informasi untuk kamu mengenai perawatan mesin motor, hal tersebut bertujuan supaya mesin motor kamu menjadi lebih tahan lama.

5. Disiplin mengganti Oli pada Waktunya

Pelumas merupakan bahan yang mendukung gerak mekanis dari mesin supaya tetap awet dan tahan lama. Mengganti oli setiap 1000-2000km menjadi kewajiban pemilik kendaraan motor jika ingin motornya awet.

Jangan sampai kehabisan oli dikarenakan sifat oli yang gampang menguap, jika oli berkurang tentu proses pelumasan menjadi tidak maksimal.

6. Memeriksa Kondisi Ban Motor

Ban motor memang tidak secara langsung berkaitan dengan keawetan mesin motor. Namun ada faktor-faktor lain dari ban yang mempengaruhi awetnya sebuah motor, misalnya tekanan angin ban yang kurang sehingga memperberat kerja mesin motor.

Selain itu ban yang sudah habis atau gundul membuat resiko kecelakaan menjadi tinggi. Jika terjadi kecelakaan bukan hanya motor yang menjadi rusak, pengendaranya pun ikut celaka. Untuk itu rajin memeriksa kondisi ban motor adalah hal penting.

7. Cara berkendara

Cobalah untuk berkendara dengan stabil, halus dalam menarik gas, dan pilih kontur jalanan yang paling baik. Cara berkendara seperti ini akan membuat kendaraan motor menjadi lebih awet.

Berkendara dengan kasar seperti menyentak-nyentak gas motor akan membuat komponen mesin menerima impact yang terlalu berat. Begitu juga saat melewati jalanan berlubang, membuat komponen shockbraker menjadi cepat bocor.

Demikian yang dapat bengkelcat.com sampaikan untuk perawatan mesin motor. Sekedar mengingatkan untuk selalu membaca doa sebelum bepergian dengan kendaraan apapun. Salam satu aspal.

Baca Juga

Jenis Ban Motor Yang Penting Untuk Anda Ketahui

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *