Jenis Ban Motor

Jenis Ban Motor Yang Penting Untuk Anda Ketahui

Jenis ban motor yang beredar di pasaran ada banyak, ban sendiri perlu disesuaikan dengan tipe motornya. Agar kendaraan tersebut bisa digunakan dengan benar. Jadi ketika Anda hendak mengganti ban motor ada baiknya untuk mempertimbangkan tipe motor dan tujuan penggunaannya.

Berbagai Jenis Ban Motor

Karena jenis ban untuk motor ada banyak, maka kami akan memberikan beberapa klasifikasinya untuk Anda. Jadi Anda sendiri bisa menyesuaikan ban tersebut dengan fungsi dan tipe motor yang digunakan.

Ban Sport (Semi Slick)

Biasanya jenis ban ini banyak digunakan pada motor supersport. Kekurangan ban ini cenderung lebih cepat habis dari ban lain. Selain desain ban yang tipis, dari bahan pembuatannya menggunakan soft compound. Bahan tersebut sangat baik mencengkram aspal sehingga daya gesek yang tinggi mempercepat usia pakai. Jarak tempuh ban tersebut bisa mencapai 1000 mil atau 1,600 km.

Ban Sport Touring

Ban ini cocok untuk motor yang sering digunakan untuk menjelajah jarak jauh. Bisa memicu kecepatan motor namun tidak memiliki daya cengkram yang baik. Biasanya digunakan para motor sport dengan cc menengah ke atas. Seperti Kawasaki ninja 250 maupun Yamaha r15.

Ban Touring

Terbuat dari karet keras sehingga memiliki daya tahan lebih lama. Namun daya cengkramnya tidak sebaik dari ban spot. Disain ban ini dibuat memiliki alur yang bisa membuang air sehingga memperbaiki daya cengkramnya.

Ban Cruiser

Memiliki pola garis yang sederhana, dan memiliki ketahanan yang lebih baik dibandingkan ban spot. Ban ini adalah ban standar motor pabrikan untuk kelas motor bebek umumnya ring 17. Kelebihan ban ini lebih awet dan lebih hemat bahan bakar.

Ban Scooter

Digunakan pada jenis motor scooter, diameter velg ukurannya lebih kecil dibandingkan ban motor umumnya, namun daya cengkramnya juga cukup baik, sebab dari sisi profil lebih lebar dari ban motor bebek.  Biasanya banyak digunakan motor matic.

Ban Offroad

Memiliki desain khusus untuk medan susah seperti berlumpur, berpasir, dan kerikil. Biasanya disebut ban tahu yang sering dijumpai pada motor tipe motocross atau grasstrack.

Ban Racing Tipe Kering

Harganya super mahal dan dikhususkan untuk balap, bukan di jalan umum. Umur ban ini sangat singkat karena hanya sekali pakai dalam satu pertandingan. Biasanya tanpa alur yang tebal, dibuat tipis dan polos, mengandalkan bahan soft compound yang sangat baik dalam mencengkram aspal.

Ban Racing Tipe Basah

Ban balap yang dikhususkan ketika hujan turun saja. Juga terdiri dari bahan yang sangat baik mencengkram aspal namun memiliki alur banyak untuk pembuangan air. Sehingga motor bisa melaju dengan baik walaupun ketika sedang ditikungan.

Itulah jenis ban motor yang dapat kami berikan, Anda bisa menyesuaikan ban dengan tipe dan fungsi motor yang tepat peruntukannya. 

Baca Juga

Mengenal Jenis dan Fungsi Velg Motor Yang Digunakan

Berapa Biaya Cat Velg Motor Di bengkel Terdekat Anda

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *