cara membersihkan kabin mobil

Membersihkan Kabin Mobil Begini Caranya!

Cara Membersihkan Kabin Mobil penting diketahui. Selain bodi luar dan kaca mobil, kabin adalah bagian paling utama. Jika kebersihan interior mobil terjaga, maka kenyamanan penumpang sudah pasti terjamin. Menariknya, tanpa harus membawa ke salon, Anda bisa melakukannya di rumah. 

Cara Membersihkan Kabin Mobil :

Ada beberapa bagian dalam mobil yang memerlukan perhatian dan perawatan khusus. berikut cara membersihkan kabin mobil :

Membersihkan Dashboard Mobil

Dashboard mobil merupakan bagian interior yang langsung menarik perhatian saat memasuki kabin. Bagian interior mobil yang satu ini paling sering terpapar sinar matahari. Dikhawatirkan jika tidak dirawat secara berkala akan menimbulkan keretakan dan pudar warnanya.

Semprotkan cairan wax ke kain microfiber kemudian usapkan ke dashboard mobil. Keringkan dengan kain bersih. Gunakan cairan wax secukupnya, hindari cairan wax yang mengandung alcohol dan silicone. Sebaiknya gunakan air biasa jika Anda kurang yakin terhadap kandungan cairan wax tersebut.

Membersihkan Jok Mobil

Jenis material jok mobil tidak sama, sehingga metode membersihkannya juga berbeda. Pakai vacum cleaner saat membersihkan jok di bagian yang sulit dijangkau. Khusus untuk jenis bahan jok mobil dari kulit, semprotkan cairan pembersih ke setiap bagiannya kemudian lap sebelum mengering.

Ingat hindari kandungan alcohol dan silicone. Alkohol dapat memudarkan lapisan warna pada sarung jok mobil, sedangkan silicone dapat membuat bahan plastic/kulit menjadi pudar. Untuk bahan kulit lebih baik gunakan baby oil secukupnya.

Sedangkan untuk bahan kain beludru, setelah dibersihkan dengan vacuum cleaner, semprotkan cairan khusus pada bagian yang kotor saja, gosok menggunakan sikat halus hingga bersih. Kemudian sedot menggunakan vacum khusus yang bisa menyedot air.

Bersihkan Plafon Mobil

Plafon mobil adalah bagian yang paling mudah kotor atau rusak. Membersihkannya pun harus lebih berhati-hati. Anda bisa menggunakan vacum cleaner. Atur daya serap vacum pada kondisi ringan agar kain plafon tidak kendur.

Cara lain, semprotkan sabun pembersih khusus ke kain microfiber dan usapkan dengan lembut ke bagian plafon yang terkena noda. Langsung keringkan dengan lap kering. Hindari menggosok plafon mobil agar serabut plafon mobil tidak rusak. Cukup tempelkan dan tekan perlahan tisu atau kain kering.

Jaga Kebersihan Lantai Mobil

Bagian lantai mobil sudah pasti merupakan area yang paling kotor. Mensiasatinya dengan memberikan karpet yang berbentuk seperti karet keset. Karpet jenis itu dapat mengumpulkan pasir dan debu. Dengan begitu bersihkan karpet setiap 3-7 hari .

Bersihkan bagian lantai mobil yang tersempit. Cek berkala setiap satu bulan sekali bagian yang lembab. Jika terdapat karat halus segera hilangkan dengan cairan anti karat.

Lantai mobil sangat rentan terkena karat, untuk itu jangan sampai bagian lantai terkena siraman kuah makanan atau cairan yang besifat asam.

Jika Anda selalu menjaga dan memperhatikan kebersihan dalam mobil, maka sensasi berkendara akan terasa selalu nyaman. Agar lebih hemat dan efisien, Anda bisa melakukannya sendiri di rumah.

Baca Juga

Pasang Sarung Jok Mobil Tak Boleh Asal, Perhatikan Hal Ini!

Mengenali Beberapa Efek Samping Parfum Mobil, Cek Sebelum Terlambat!

Tulisan Oleh Admin

Reverensi Gambar Photo by Andre Tan on Unsplash

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *