kebersihan luar mobil

Kebersihan Luar Mobil Berikut ini Tips Merawatnya

Kebersihan luar mobil tidak boleh luput dari perhatian pemilik mobil selain perawatan kabin. Terkadang pemilik mobil mengabaikan perawatannya karena dianggap rumit dan membutuhkan banyak biaya.

Padahal perawatan mobil rutin adalah hal yang ringan. Yaitu jika dikerjakan dengan teratur dan penuh kesadaran bahwasanya mobil sangat perlu untuk dirawat.

Cara Menjaga Kebersihan Luar Mobil

Menjaga kebersihan mobil secara berkala termasuk prosedur yang diwajibkan oleh pabrikan. Jika masih dalam masa garansi, pemilik kendaraan bisa melakukan perawatan rutin di bengkel resmi.

Namun, apabila masa garansi sudah tidak berlaku, maka Anda harus memperhatikan kebersihannya sendiri. Berikut adalah cara membersihkan bagian luar mobil yang bisa Anda terapkan sendiri di rumah.

Mencuci Mobil 

Bagian mobil yang paling sering kotor adalah bodi. Cat mobil bisa cepat pudar karena sering terpapar terik matahari dan debu polusi.

Waktu terbaik untuk mencuci mobil adalah pagi atau sore hari. Pastikan jika mesin dalam kondisi dingin saat Anda mencucinya. Carilah tempat yang tidak terpapar panas matahari agar saat membersihkan bagian kaca hasilnya lebih maksimal.

Semprotkan air tawar ke bagian bodi yang kotor. Perhatikan bagian shock absorber belakang dan depan karena bagian ini adalah yang paling sering kotor, terutama bagian sempit di sekitar ruang ban.

Siram mulai dari atas mobil sehingga membuat air membilas mobil hingga ke bagian bawah. Pastikan Anda benar-benar memperhatikan kebersihannya.  

Hindari Penggunaan Detergen

Saat mencuci, pastikan Anda hanya mencucinya dengan sabun atau shampo biasa yang tidak mengandung detergen. Perhatikan juga kadar Ph antara 6-8. Agar lebih aman, pilih saja shampo dengan busa lembut. Gunakan spon lembut untuk mengelapnya.

Atur Debit Air 

Cucilah mobil menggunakan selang. Atur besaran dan tekanan air yang keluar. Tips amannya adalah gunakan air dengan kecepatan sedang saja agar lapisan mobil tidak terkikis. Meski tekanan air sedang, tetap bisa membersihkan mobil asalkan Anda memperhatikan saat mencucinya dengan sabun.

Perhatikan Saat Parkir

Parkir yang paling baik adalah di bawah atap yang terlindung dari sinar matahari. Hindari parkir di bawah pohon, resikonya ialah kejatuhan ranting, getah, serbuk sari, dan kotoran hewan.

Kebersihan luar mobil adalah cermin dari pemiliknya. Lagipula, pemilik lebih percaya diri mengendarai mobil yang bersih dan kinclong.

Baca Juga

Membersihkan Kabin Mobil Begini Caranya!

Penulis Admin

Referensi Gambar oleh Janis Liepa dari Pixabay

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *