pasang sarung jok mobil

Pasang Sarung Jok Mobil Tak Boleh Asal, Perhatikan Hal Ini!

Sarung Jok Mobil – Interior dalam mobil menjadi satu yang wajib jadi pertimbangan membeli mobil, baik mobil baru maupun mobil bekas.

Biasanya, kondisi interior mobil baru, masih kurang pas untuk jadi bahan pertimbangan membeli sebuah mobil.

Sebab mobil baru pasti kondisi dalam “Gress” dari pabrik. Yang kadang kala sarung jok sudah bagus atau justru perlu untuk dilapisi sarung jok kembali.

Berbeda dengan mobil bekas. Disamping bodi luar, ban, velg, dan spion yang jadi pertimbangan, calon pembeli lebih tajam soal interior mobil.

Interior dalam mobil bekas, meliputi body dashboard, audio console, instrumen AC, jok mobil, hingga bagasi belakang.

Poin-poin di atas biasanya digunakan sebagai indikator kelayakan oleh calon pembeli. Ketelitian ini diperlukan dalam membeli mobil bekas.

Ketika memasuki bagian interior dalam mobil, secara otomatis sebagai calon pembeli tentunya duduk di jok mobil tersebut.

Dan tidak semua mobil bekas memiliki kondisi jok mobil masih bagus walaupun layak pakai. Tak jarang sebagai calon pembeli mempertimbangkan untuk mengantinya.

Nah, untuk itu bagi kamu yang berniat mengganti sarung jok lama dengan yang baru. Perhatikan ukuran, bahan, dan tingkat kelenturan sarung jok.

Dewasa ini, sudah jadi hal yang lumrah apabila melihat kondisi jok mobil dari sisi keempukan dan warna covernya saja. Ada hal lain yang juga sama pentingnya, diantaranya adalah :

1. Ukuran Sarung Jok

Ukuran sarung jok mobil harus pas dan presisi. Dari sisi samping tidak terlihat kendur, dari sisi tengah tidak nampak kendur atau terlalu kencang.

Alih-alih jadi empuk, terlalu kencang justru membuat tingkat kenyamanan berkurang. Ukuran jok sendiri terdiri dari sandaran kepala, sandaran punggung dan tempat duduk jok.

Busa jok memang sulit diukur secara pasti, namun setiap tukang jok memiliki rumus / pola rahasia supaya ukuran sarung jok menjadi presisi.

Kadangkala apabila ukuran sarung jok sudah presisi, permaslahan berikutnya ada pada pemasangan sarung yang kurang rapi. Bisa terlalu miring ke salah satu sisinya.

Untuk itu pasang bagian mulai dari sisi sandaran punggung terlebih dahulu, baru diteruskan ke bagian tempat duduknya.

2. Bahan Sarung Jok

Perhatikan bahan sebelum memasang sarung jok, upayakan melihat dengan detail sampel yang ditawarkan dengan hasil akhir yang sudah ada.

Apabila tidak ada contoh hasil akhir, setidaknya melihat foto atau video tanpa editan. Hal ini bertujuan agar tidak ada penyesalan setelah pasang sarung jok mobil.

Kadangkala bahan sarung jok mempengaruhi tampilan dari jok itu sendiri. Khususnya warna jok yang kurang menyala atau justru menyala mencolok namun kurang elegan.

Bahan sarung jok juga mempengaruhi durabilitas atau keawetan dari jok tersebut. Semakin baik bahan jok, semakin awet pula usianya. Tentu dengan harga sedikit yang lebih mahal.

Bengkelcat.com pernah mewawancarai tempat pasang jok di jogja yang cukup murah. Beliau menuturkan harga cover jok untuk avanza, termurah berkisar 1,3jt hingga 3jt. Untuk harga kulit asli berkisar 6jt-12jt.

Dari bahan saja terdapat perbedaan harga yang cukup signifikan, cara perawatannya juga berbeda. Untuk sarung jok dengan kulit asli, jangan sampai terkena oli atau cairan minyak yang berwarna. Dan pembersihannya cukup dilap dengan kain lembab.

3. Tingkat kelenturan

Tingkat kelenturan sudah pasti mempengaruhi proses pemasangan dan tingkat kenyamanan. Kelenturan sarung jok juga mempengaruhi ketahanan dan usianya.

Semakin lentur kemungkinan getasnya semakin lama. Sebab kondisi terburuk daripada bahan karet, kulit dan sintetis adalah retak dan getas.

Sarung jok sintetis biasanya memiliki tingkat kelenturan yang berbeda-beda, Pilih tingkat kelenturan yang paling baik, namun memiliki harga yang bersahabat.

Untuk sarung jok kulit asli tentu memiliki kelenturan yang sudah maksimal, hanya saja jika kulit jok mulai kering, cukup lakukan pengecatan ulang.

4.Besi Pengait

Kesulitan inti dari pemasangan sarung jok terletak pada besi pengaitnya, pilih besi pengait dengan ukuran khusus.

Biasanya besi tersebut cenderung tebal dan kaku, berbeda dengan kawat yang cenderung tipis dan lentur. Sehingga besi pengait tersebut dapat awet dan terhindar dari karat.

Bentuk besi pengait seperti cincin yang memiliki celah. Besi tersebut mengikat antara sarung jok dengan rangka jok. Gunakan penjepit (tang) untuk mengaitkannya.

5. Finishing

Bagian sulit terakhir ialah finishing, yaitu memastikan posisi sarung jok presisi, dan memastikan pemasangan rangka jok seperti semula.

Kadangkala rangka jok yang dilepas dari casis mobil mengalami kecacatan baut, pin pengunci yang hilang dsb. Pastikan semua terpasang sebagaimana mestinya.

Berikut hal-hal yang harus diperhatikan saat pasang sarung jok mobil. Baik saat memasang sendiri maupun di bengkel jok kesayangan kamu.

Baca juga

Ini Jadinya, Jika Velg Avanza Ring 17

Harga dan Pengertian Body Repair Adalah

Proses Pengecatan Body Mobil

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *