bengkel-autocarbodyrepair

Harga dan Pengertian Body Repair Adalah

Body repair adalah usaha untuk memperbaiki bentuk bodi yang rusak pada sebuah kendaraan. Kerusakan tersebut dapat diakibatkan oleh benturan, tabrakan, terbakar hingga korosi akibat usia pemakaian.

Ruang lingkup teknik perbaikan bodi meliputi pengelasan, kenteng / ketok magic, dempul hingga pengecatan. Kendaraan yang diperbaiki dapat berupa mobil, motor, kereta hingga bus karoseri.

Penamaan body repair sendiri berasal dari bahasa inggris yaitu perbaikan bodi atau memperbaiki bodi. Di Indonesia body repair kadang disebut ketok magic atau kenteng magic.

Dimana sejarah bengkel perbaikan bodi di Indonesia mungkin sudah ada sejak jaman penjajahan belanda. Namun hingga kini belum ada bukti otentik terkait bengkel body repair pertama di Indonesia.

Alat Body Repair

Alat yang digunakan untuk memperbaiki bodi terdiri dari plat baja yang dibentuk sedemikian rupa untuk proses ketok. Kemudian terdapat alat las asitilin, hingga peralatan dempul dan pengecatan.

Pada dasarnya perbaikan bodi merupakan teknik untuk memperbaiki bentuk plat mobil dengan alat, bukan dari proses ritual jin ataupun hal mistis lainnya.

Mungkin alasan utama pengerjaan body repair tertutup karena tidak ingin diketahui teknik memperbaikinya. Namun seiring perkembangan jaman teknik perbaikan bodi dapat dipelajari di berbagai media online dan sekolah kejuruan.

Panel Body Repair

Kerusakan pada bodi mobil terklasifikasi menjadi bagian panel. Panel disini adalah bagian plat yang terpisah, yaitu pintu, kap, atap, fender dan bemper.

Biasanya panel sendiri terdiri dari bahan besi, plastik abs, hingga karbon dan fiber. Tiap bahan panel berbeda cara penanganannya.

Perbaikan panel berbahan plat dapat menggunakan alat ketok atau las. Las disini diutamakan jenis las karbit atau asitilin. Sedangkan untuk las listrik lebih sering digunakan untuk bahan plat besi yang lebih tebal

Sedangkan bahan plastik dapat diperbaiki dengan teknik pengeleman, penjahitan bagian yang robek, dempul dan membuat cetakan baru dengan plastik lain.

Untuk bahan fiber berbeda dengan bahan besi maupun plastik. Bahan fiber harus memiliki cetakan untuk bisa membuat panel secara utuh. Sedangkan untuk perbaikannya dapat ditambal menggunakan fiber dan diresin ulang.

Harga Jasa Body Repair

Untuk tarif jasa perbaikan bodi berkisar antara 150rb hingga 500rb per panelnya, belum termasuk pengecatan. Sedangkan untuk pengecatan berkisar antara 300rb hingga 3jt perpanelnya.

Pengecatan lebih mahal sebab pengecatan menggunakan teknik sekaligus bahan cat itu sendiri. Untuk proses pengecatan melibatkan bahan, thinner, cat, amplas, dempul, hingga clear coat.

Belum lagi tempat pengecatan harus terbebas dari debu dan air. Kemudian peralatan cat itu sendiri tergolong lebih mahal daripada peralatan body repair.

Demikian yang dapat bengkelcat.com sampaikan, kesimpulannya body repair adalah usaha untuk memperbaiki bodi kendaraan yang rusak akibat dari kecelakaan. Sehingga bentuk bodi dapat kembali sebagaimana bentuk semula.

Baca juga

Proses Pengecatan Body Mobil

Ketahui Biaya Cat mobil Full Body

Jasa Dempul Mobil Jogja Terbaik, Catat Tempatnya

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *