Penghematan BBM Dapat Menolong Ekonomi Indonesia

Penghematan BBM Dapat Menolong Ekonomi Indonesia

Penghematan BBM merupakan salah satu upaya kita dalam menyelamatkan ekonomi Indonesia. Sebab, dalam penggunaan BBM ternyata Indonesia masih memasok dari negara lain untuk kebutuhan BBM dalam negeri.

Kita tahu harga BBM dunia harganya cukup tinggi, itu akan berdampak pada beban belanja negara dan naiknya harga BBM di Indonesia. Negara terbebani dengan membeli BBM dari luar negeri, rakyatpun ikut terbebani dengan harga pertalite yang melonjak.

Sikap kita sebagai pecinta otomotif tentu sangat terpukul jika harus berhemat BBM, sebab otomotif hampir selalu berhubungan dengan penggunaan bahan bakar sebagai nyawa dari sebuah kendaraan. Apalagi kendaraan balap yang jauh lebih boros dari kendaraan biasa.

Bagaimana upaya kita dalam penghematan BBM untuk membantu pemerintah Indonesia. Agar pertamina tidak selalu merugi, Tentunya kita sebagai pecinta otomotif bisa terus berkarya bersama kendaraan kesayangan kita.

Penghematan BBM Untuk Ekonomi Indonesia

1. Menggunakan Kendaraan Non Mesin

Sudah seharusnya penduduk di kota besar menerapkan gaya hidup lebih sehat dengan menggunakan kendaraan non mesin. Kendaraan seperti sepeda, sepatu roda hingga sekuter kaki yang bisa melaju tanpa harus membutuhkan bensin.

Selan itu, menggunakan kendaraan sepeda dapat mengurangi polusi udara di kota besar seperti Jakarta. Kita juga menjadi lebih sehat dengan menjalankan kebiasaan pola hidup sehat dan memperbanyak aktivitas fisik seperti jalan kaki hingga bersepeda.

2. Menggunakan Transportasi Umum

Berangkat ke tempat kerja lebih baik jika kalian menggunakan transportasi umum. Selain tidak merasa lelah berkendara sendiri, kalian dapat menghindari macet yang menguras energy dan bensin kendaraan kalian.

Transportasi umum sendiri jauh lebih hemat dalam penggunaan BBM. Sebab, mesin transportasi umum bisa mengangkut banyak orang tanpa mengangkut beban kendaraan kita masing-masing. Secara logika penggunaan BBM menjadi lebih irit.

3. Menggunakan Kendaraan Hemat BBM

Ada banyak tipe kendaraan di Indonesia, mulai dari yang boros hingga irit bahan bakar. Menggunakan kendaraan hemat BBM dapat membantu isi kantongmu hingga membantu pemerintah. Jangan sampai pemerintah belanja BBM lebih banyak karena kendaraan borosmu itu. Hehe..

Bukan tidak boleh menggunakan kendaraan boros, alangkah lebih baiknya membagi kapan harus menggunakan kendaraan irit dan kendaraan boros. Misalnya kalian mempunyai mobil, jika hanya sendirian lebih baik menggunakan motor untuk mobilitas sehari-hari.

4. Berkendara Hemat BBM

Jika kalian memiliki keperluan ke luar kota, tentu kalian akan berkendara dengan mobil atau motor. Upaya penghematan BBM dapat dilakukan dengan cara berkendara eco mode. Yakni berkendara dengan halus dan memanfaatkan momentum kendaraan tanpa banyak mengerem.

Baca tips di sini : Inilah 7 Tips Hemat BBM Untuk Mobil Dan Motor

Dalam cara berkendara ini, kalian dapat menularkan kepada lingkungan sekitar seperti adik, kakak, pasangan dan lain-lain. Tentu kalian harus mencontohkannya terlebih dahulu. Jangan lupa safety driving ya..

5. Beralih ke Kendaraan Listrik

Beralih ke mobil, motor maupun sepeda listrik cukup menarik kedengarannya. Namun kita mesti tahu besaran kapasitas listrik untuk kendaraan bisa melaju. Jangan-jangan kita hanya memindahkan energy mesin kendaraan ke enery pembangkit listrik tenaga BBM.

Ada baiknya kalian mencoba menggunakan kendaraan sepeda listrik. Selain harganya murah, kalian bisa menggunakannya dengan leluasa di jalanan sempit. Bahkan, kalian menjadi lebih sehat dengan sesekali mengayuh sepeda listrik tersebut.

Baca Juga : Sepeda Listrik Dan Cara Merawatnya

6. Menciptakan Terobosan Baru Untuk Penghematan BBM

Banyak dari kita bekerja langsung di industri otomotif, baik insinyur maupun teknisi. Namun jarang dari kita berfikir untuk menciptakan teknologi baru dalam industri otomotif. Misalnya membuat kendaraan panel surya atau kendaraan berbahan bakar air.

Kalau kalian bekerja di bidang otomotif cobalah luangkan waktu untuk menciptakan karya yang bisa membantu penghematan BBM. Supaya negara kita tidak terbebani dan rakyat tidak selalu bergantung dengan kendaraan bermesin bensin/diesel.

Demikian cara yang dapat kita lakukan untuk membantu pemerintah Indonesia dalam hal penghematan BBM. Tetap optimis dalam menghadapi keadaan apapun dan jangan lupa safety driving guys.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *