sepeda listrik dan cara merawatnya

Sepeda Listrik Dan Cara Merawatnya

Sepeda listrik belakangan ini menjadi trend di kalangan masyarakat Urban. Selain ramah lingkungan, kendaraan ini dapat menjadi andalan saat harga bahan bakar minyak mulai melonjak.

Sepeda sangat baik untuk menunjang kebugaan saat berolahraga, dapat menyehatkan tubuh terutama sistem kardiovaskular (Jantung) dan paru-paru.

Berbeda halnya dengan sepeda listrik yang sebetulnya hampir mirip dengan sepeda motor, yang mana pengendaranya cukup dengan duduk santai dan sepeda sudah bisa berjalan dengan bantuan motor listrik.

Namun ada juga jenis sepeda listrik yang masih menggunakan tuas pengayuh, sepeda jenis ini lebih menarik untuk Anda yang mengendepankan kesehatan, namun juga dengan mobilitas yang tinggi setiap harinya. Jadi, bisa Anda bawa olahraga maupun berangkat kerja.

Sepeda listrik memang belum terlalu banyak pemiliknya, jika Anda ingin memiliki kendaraan ini, Anda bisa menyiapkan dana mulai dari dua juta rupiah hingga puluhan juta seperti sepeda listrik merk SELIS dengan harga Rp.18.000.000,-

Sekarang masih mudah membeli sepeda listrik di toko. Selain itu banyak pula marketplace online dari berbagai kota yang sudah aktif menjual sepeda listrik dengan bermodalkan gambar dan deskripsi.

Ada baiknya Anda pintar dan bijak dalam memilih sepeda di marketplace sebagai sarana transaksi online kesukaan Anda.

Cara Merawat Sepeda Listrik

Dengan harga kendaraan ini yang cukup mahal, Tentu setiap orang yang memilikinya ingin merawat unit tersebut. Di bawah ini cara merawat sepeda listrik agar tetap awet dan dapat terus menemani aktivitas hari-hari.

Perawatan Baterai Sepeda Listrik

Saat pertama kali sepeda listrik Anda beli, baiknya baterai segera Anda lakukan pengecasan setidaknya sampai baterai penuh. Biasanya pengecasan baterai sepeda listrik tergantung pada besaran kapasitasnya.

Jangan lupa untuk membaca buku panduan dalam hal pengecasan, agar tidak terjadi kesalahan dalam prosedur. Perhatikan lampu indicator dan kabel konektor pada unit ini.

Anda tidak boleh membiarkan baterai sepeda listrik dalam kondisi habis total, segera lakukan pengisian ulang sebelum baterai habis setidaknya 40-50%, pada level tersebut Anda sudah harus mengisi baterai kembali agar baterai tidak cepat soak.

Sama halnya seperti baterai elektronik lain, jika Anda berencana untuk tidak menggunakan sepeda listrik lebih dari dua hari, sebaiknya baterai sepeda harus dilepas dari bodi sepeda.

Dan sebaliknya, jika Anda sering menggunakan sepeda listrik, setidaknya Anda melakukan pengisian sampai penuh setiap dua minggu sekali.

Perawatan Kebersihan Sepeda Listrik

Unit sepeda listrik ini memiliki banyak tipe, ada yang tahan air secara keseluruhan, ada yang hanya tahan percikan air. Untuk itu Anda harus mengetahui karakteristik kendaraan sepeda listrik Anda.

Untuk merawat kebersihannya sebaiknya Anda melakukan pengelapan menggunakan kain kanebo yang lembab supaya dapat menghilangkan debu-debu yang menempel pada sepeda.

Sepeda tidak perlu disemprot dengan air bertekanan tinggi walaupun sudah bertipe anti air. Sepeda ini bisa saja mengalami kebocoran seal atau lapisan penutup kabelnya saat penyemprotan air bertekanan tinggi.

Anda dapat menyimpan sepeda pada tempat yang aman dari genangan air, sumber listrik, dan anak-anak keci supaya sepeda tidak terjatuh.

Perawatan terbaik adalah dengan tetap menjaga kebersihan sepeda segera setelah Anda menggunakan sepeda listrik. Jangan remehkan service berkala di bengkel sepeda listrik jika terjadi kondisi upnormal pada unit ini.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *