perawatan ac mobil

Perawatan Ac Mobil, Simple Semua Bisa Melakukannya

Perawatan AC mobil penting sekali untuk kita lakukan secara berkala. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa AC mobil merupakan fitur yang ada di setiap kendaraan roda empat. Ketika cuaca panas serta terik, peranan AC sangatlah mutlak untuk menyejukkan para pengemudi serta penumpang lainnya.

Sedangkan ketika hujan turun, hembusan udara dingin AC tersebut membantu menghilangkan embun yang terdapat di kaca mobil Anda. Dengan demikian itu, peranan fungsi AC dalam mobil sangatlah penting. Itu sebabnya kita harus melakukan perawatan secara berkala.

Cara Perawatan AC Mobil yang Benar

Walaupun mempunyai peranan yang penting, tetapi tidak sedikit orang yang mempunyai kendaraan roda 4 dan dalamnya terdapat AC masih bingung mengenai bagaimana cara melakukan perawatannya. Apakah Anda salah satunya? Jika memang iya, berikut penjelasan lengkapnya untuk Anda.

Jaga Kebersihan dan Tidak Membuka Kaca

Anda harus menjaga kebersihan kabin mobil tersebut. Sebab, apabila nanti kabin mobil yang kotor serta berdebu akan mengganggu kebersihan AC tersebut. Mengakibatkan AC tidak dingin dan udara yang dihembuskan juga kotor.

Kedua hindari untuk tidak membuka kaca mobil ketika berjalan. Dalam perjalanan terdapat kondisi tertentu seperti halnya saat kita membayar tol ataupun parkir guna bisa membuka kaca mobil. Apabila sudah selesai usahakan untuk segera menutup kaca mobil, agar kotoran tidak masuk ke dalam kabin.

Tidak Merokok Di Dalam Mobil

Usahakan untuk tidak merokok dalam mobil. Ternyata asap rokok itu juga memiliki potensi masuk ke dalam sistem sirkulasi. Membuat udara serta aromanya tidak sedap serta membahayakan kesehatan jika bercampur dengan udara pendingin kabin.

Jangan lupa juga untuk selalu membersihkan filter AC mobil Anda. Umumnya posisi filter tersebut berada di dasbor. Lokasi tersebut juga sangat rentan kotor makanya Anda harus membersihkannya secara berkala untuk menjaga kualitas udara dalam mobil tersebut supaya tetap bersih dan segar.

Mengganti Filter Ac

Dalam rangka perawatan ac mobil Filter ac ada baiknya tidak hanya dibersihkan, melainkan di ganti dengan yang baru. Saat ac digunakan dalam jangka waktu lama sebaiknya melakukan penggantian filter setiap 1 tahun sekali.

Harga filter ac tidak terlalu mahal dibandingkan jika harus membongkar dan membersihkan kisi-kisi ac. Letak filter ac ini biasanya berada di bawah box penumpang baris depan. Anda bisa membuka box tersebut dan mengeluarkan lacinya.

Menjaga RPM Saat Ac Menyala

Bila memungkinkan menjaga agar ac tetap awet dengan tidak menyalakan ac saat rpm sangat tinggi. Ketika rpm melebihi 5000 rpm tentu mesin menghasilkan putaran tenaga ekstra sekaligusd daya kelistrikan yang besar. Hal itu membuat ac semakin berat, bisa membuat kelistrikan ac rusak.

Saat menanjak di jalanan pegunungan, upayakan tidak menggunakan ac terlalu sering, sebab saat menanjak mesin membutuhkan tenaga ekstra untuk mempertahankan laju di jalan menanjak.

Selain poin diatas, Anda juga bisa menggunakan pengharum mobil yang sesuai supaya pengharum tidak lengket pada kisi-kisis ac. Perawatan AC mobil yang terakhir adalah selalu lakukanlah service di bengkel yang terbaik.

Baca Juga

Mengenali Beberapa Efek Samping Parfum Mobil, Cek Sebelum Terlambat!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *