cara cat warna silver metalik

6 Cara Cat Warna Silver Metalik Agar Tidak Belang

Cara cat warna silver metalik agar tidak belang merupakan cara yang susah-susah gampang. Sebab, warna silver tergolong warna cat yang mudah pengaplikasiannya, asalkan dengan metode yang baik dan benar.

Lain halnya dengan warna lain seperti putih atau hitam, kita tidak perlu takut terlalu tebal atau tipis pada bagian tertentu. Asalkan pengecatan warna dapat menutup, cat hitam atau putih bisa langsung berhasil.

Cat metalik adalah cat yang tersusun dari struktur kimia tertentu dengan karakter metalik (seperti bentuk metal) di dalam lapisan catnya. Karakter ini memiliki kerapatan yang berbeda-beda tergantung bawaan cat mobil tersebut.

Kesulitan pertama yang terdapat pada pengecatan warna ini adalah, dalam hal menyamakan oplosan warna (mixing warna) untuk mendapat warna yang mirip perlu pengelihatan yang jeli terutama saat di bawah sinar maupun saat ruangan gelap.

Setelah menemukan mixing warna yang cocok, barulah kita mengaplikasikannya ke bidang mobil. Tips di bawah ini akan membantu kamu supaya pengecatan silver tidak blorok, belang atau retak.

Baca Juga : 3 Warna Cat Mobil Yang Sulit diCat Ulang

Cara Cat Warna Silver Metalik

1. Repair Warna Silver Wajib Menggunakan Epoxy

Sebelum pengecatan, terkadang kita melalui proses perbaikan bentuk, baik dengan pengelasan maupun dengan dempul.

Jika sudah berhubungan dengan dempul  wajib melapisi kembali dengan epoxy. untuk menghindari peresapan cat ke dalam pori-pori dempul yang dapat menyebabkan belang berbentuk area dempul.

Epoxy ini juga wajib digunakan saat kondisi cat mobil sudah pernah di cat ulang. Untuk meminimalisir resiko cat retak karena pori-pori yang tidak rapat atau bahan kimia yang bertentangan.

2. Pemilihan Spray Gun Untuk Cat SIlver

Spray gun yang baik memiliki spesifikasi semburan yang lebar dan pengkabutan yang rapat. Gunakan jarak 15cm, ayunkan secara perlahan dan merata.

Berikan jeda secara bertahap sebelum menimpa cat berikutnya, tunggu 3-5 menit sebelum lapis ke dua. Hal ini bertujuan supaya cat tidak menjadi retak akibat panasnya cairan cat dan thinner.

Pastikan angin kompresor cukup menampung udara atau setting pengisian angin pada kecepatan tinggi agar tidak kehabisan angin saat proses top coat maupun clear coat.

3. Gunakan Spray Gun Yang Berbeda Saat Clear Coat

Aplikasikan clear coat dengan spray gun yang berbeda agar tidak tercampur dengan residu cat yang kurang pembersihannya. Beri lapisan secara bertahap dan cukup 2 lapis clear coat agar hasil maksimal.

Pada lapisan pertama adalah pengkabutan awal agar clear bisa masuk kedalam pori-pori, tunggu sebentar sebelum pelapisan yang ke dua.

4. Perhatikan Cahaya Ruangan Cat

Bagi kamu yang melakukan pengecatan di dalam ruangan khusus, harus tersedia lampu berwarna putih yang terang secara merata pada setiap sudut mobil.

Hal itu bertujuan supaya terlihat jelas partikel lembut saat proses pengecatan. Lampu berwarna putih bertujuan untuk mengetahui warna netral dari cat tersebut.

5. Pengecatan Warna Silver Pada Suhu Panas

Sebelum melakukan pengecatan, apapun warnanya terutama warna silver, pastikan kondisi cuaca sedang panas. Atau kamu dapat menggunakan ruangan dengan pemanas suhu.

Tujuannya ialah supaya cat silver metalik cepat kering sebelum terjadi perubahan struktur atau perubahan warna. Perubahan tersebut terjadi akibat pengeringan yang tidak merata.

6. Pastikan jenis thinner untuk cat silver metalik

Terakhir cara cat warna silver metalik yaitu penggunaan thinner yang bagus. Untuk cat silver metalik alangkah baiknya menggunakan thinner berjenis PU.

Thinner PU lebih cepat kering dan keras dengan sempurna, sehingga meminimalisir terjadinya perubahan karakter cat karena terlalu lama kering.

Jika cat silver metalik menggunakan thinner biasa, maka bisa saja terjadi retak saat naik clear coat. Hal itu karena thinner tidak mampu menahan cross-linking antar partikel cat.

Demikian cara cat silver metalik agar tidak belang. SIlakah jika artikel ini bermanfaat agar membaginya kepada teman kita sesama bengkel cat.

Baca Juga : 3 Langkah Memilih Cat Mobil Terbaik

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *