Cara membuat ruangan cat mobil

Cara Membuat Ruangan Cat Mobil

Cara membuat ruangan cat mobil supaya proses pengecatan menjadi lebih aman. Selain terhindar dari debu dan air, menggunakan ruangan sendiri akan meyakinkan calon konsumen terhadap penanganan mobilnya.

Untuk itu, pengecatan mobil harus berada dalam ruangan oven yang terbebas dari zat-zat yang membuat proses cat mobil menjadi gagal. Baik minyak, air hingga debu.

Berikut ini cara yang akan kita paparkan merupakan rangkuman dari pengalaman pribadi dan juga dari berbagai narasumber bengkel cat. Silahkan simak artikel ini sampai selesai.

Fungsi Ruangan Cat Oven Mobil

Fungsi ruangan cat oven mobil adalah untuk melindungi proses pengecatan mobil. Di mana ketika dalam pengecatan yang belum kering, sangat beresiko terkena debu halus, pasir, air hujan hingga asap knalpot yang berminyak.

Selain itu fungsi dari ruangan ini membuat lingkungan menjadi lebih sehat. Sebab angin yang di keluarkan akan melewati genangan air terlebih dahulu. Sehingga zat kimia dari cat mobil akan terserap pada bidang air yang menggenang.

Dengan membuat sendiri ruangan cat mobil adalah cara jitu penghematan biaya pembelian spray booth. Namun kelemahannya membuat ruangan sendiri, yaitu sifat bangunannya semi permanen bahkan permanen. Sedangakan spraybooth bisa berpindah-pindah secara portable.

Sebagai gambaran saja, harga spray booth otomatis berkisar antara Rp120.000.000 untuk harga bekas dan Rp200.000.000 untuk harga baru. Apabila teman-teman justru berminat membeli spray booth otomatis lebih baik tahu dulu sistem kerjanya dari ruangan cat manual ini.

Sebagai informasi teman-teman, jika kita membuat sendiri ruangan pengecatan ini, kita bisa menghemat biaya ratusan juta rupiah. Biaya termahal yang pernah kita hitung antara Rp30.000.000 sampai dengan Rp50.000.000.

Cara Membuat Ruangan Cat Mobil

1. Tentukan Ukuran Bangunan Oven

Menentukan ukuran adalah hal wajib sebelum membuat bangunannya. Sebab ukuran ini akan menentukan seberapa mudah penggunaan tempat tersebut.

Jika kita menghitung lebar dari mobil toyota alphard adalah 1,8m. Tentu kita harus mempunyai spasi antar dinding sejauh 1 meter bagian kiri dan 1 meter bagian kanan.

Dari ukuran tersebut kita bisa menentukan lebar ruangan antara 4 meter sampai dengan 4.5 meter. Ruangan yang terlalu lebar justru membuat pencahayaan dan pemanasan tidak efektif.

Untuk penentuan panjang dan tinggi bangunan, sama seperti cara penentuan lebar. Cari ukuran mobil penumpang yang panjang dan tingginya dapat mewakili. Berikan spasi 1 meter pada tiap sudut depan belakang dan atasnya.

Baca Juga : Daftar Bengkel Cat Terdekat di Kota Besar Beserta Kontaknya

2. Pencahayaan Ruangan Cat

Pencahayaan merupakan perkara wajib selain ukuran bangunan. Tanpa cahaya yang terang, warna cat tidak akan tampak natural. Kita akan kesulitan melihat cat yang telah menutup rata atau belum.

Untuk itu, letakkan lampu pada tiap sudut ruangan, letakan juga lampu sorot untuk tiap sisi ruangan. Pastikan setiap sisi cat mobil dapat terlihat jelas oleh pencahayaan lampu.

Pemilihan warna lampu untuk pengecatan lebih baik berwarna putih. Sebab warna putih adalah warna yang netral yang tidak membiaskan warna dari cat mobil.

3. Sirkulasi Udara Ruangan Cat Mobil

Sirkulasi udara di dalam ruangan cat haruslah terkonsep secara matang. Sebab ketika mekanik melakukan pengecatan mobil, asap dari clear coat akan sangat banyak dan bisa menutupi pandangan.

Selain itu, asap clear coat ini harus segera keluar dari ruangan cat, agar tidak menempel pada bagian mobil lain yang seharusnya tidak di cat.

Walaupun prosedur yang kita lakukan selalu menutupi bagian yang tidak di cat tersebut dengan paper khusus atau plastik khusus. Mekanik juga wajib mengenakan APD masker respirasi dan kaca mata.

Sirkulasi yang baik adalah angin masuk melalui bagian atas ruangan, kemudian keluar melalui bagian bawah ruangan. Yang demikian mampu membawa udara bersih masuk untuk segera turun menghilangkan embun clear coat.

Pada bagian bawah terdapat genangan air, yang akan menetralkan udara cat sebelum udara tersebut keluar. Cara membuatnya bisa dengan membuat kolam kecil di bawah kolong mobil yang memiliki keran untuk pembuangan airnya.

4. Sistem pemanas Ruangan Cat

Sistem pemanas yang terdapat pada spraybooth berasal dari udara yang dipanaskan oleh api. Udara tersebut masuk melalui kisi-kisi atas spraybooth.

Pada ruangan cat manual, kita bisa membuat pemanas dengan lampu sorot bertegangan tinggi antara 300-500watt untuk setiap lampunya. Letakan pada tiap sudut atas ruangan.

Selain lampu kita bisa membuat sistem pemanas udara dengan bantuan kipas exhaust yang bagian cover in-nya kita tempel pemanas udara listrik. Sehingga udara yang masuk dapat melalui kisi-kisi pemanas listrik tersebut.

5. Bahan Bangunan Sraybooth

Penentuan bahan bangunan kembali pada budget teman-teman. Sebagai contoh bahan bangunan yang hemat dan maksimal adalah dengan dinding polycarbonate transparan. Selain bisa lebih menyerap panas matahari, pencahayaanpun lebih terang.

Kekurangan polycarbonate adalah bahan yang ada lebih rentan pecah dan rusak. Untuk itu harus lebih memperhatikan struktur ruas bangunan supaya lebih kokoh.

Untuk bangunan yang permanen memang lebih kokoh dan meyakinkan. Namun kekurangannya ialah bangunan permanen tidak bisa dipindah lagi. Selain itu dari segi biaya lebih besar karena menggunakan bata/batako dan plaster semen.

Plaster semen inilah yang membuat ruangan cat menjadi panas, sebab plaster semen mampu menyerap panas dan tahan terhadap rembesan air.

6. Instalasi Listrik Oven Cat

Bagian kelistrikan tidak kalah penting, sebab bagian ini menentukan kemudahan operasional nantinya. Termasuk jalur keluar masuk selang angin kompressor.

Instalasi listrik ini haruslah tertata rapi, pisahkan antara lampu putih, lampu pemanas dan exhaust udara keluar maupun exhaust udara pemanas.

Pasang listrik PLN minimal bertegangan 3500watt untuk sistem pemanas sederhana. Untuk tegangan 3500watt dalam saklar MCB tertulis C16A. Jika pemanas lebih banyak tentu membutuhkan watt lebih tinggi.

Demikian yang bisa kami paparkan untuk cara membuat ruangan cat mobil. Baca juga : Bengkel Cat Mobil Jogja Terbaik

Referensi Gambar :
Gambar 1 : HC Spray Booth 510B Infrared Heater
Gambar 2 : Autocarbodyrepair

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *