sejarah motor honda

Sejarah Motor Honda di Indonesia Pecinta Bebek Wajib Tahu

Sejarah Motor Honda sebagai produsen otomotif di Tanah Air mulai membaik setelah Civic resmi hadir hingga saat ini.

Dahulu, PT Federal Motor (saat ini lebih terkenal dengan nama PT Astra Honda Motor), hanya melakukan perakitan motor, yang mana semua komponennya datang dari Jepang berbentuk CKD (Completely Knock Down). 

Alur Sejarah dan Perkembangan Motor Honda di Tanah Air

Sejarah Motor Honda identik dengan salah satu perusahaan buatan Jepang. Pendirinya adalah Soichiro Honda dan resmi berdiri pada 24 September 1948. 

Honda resmi mewarnai sejarah otomotif di Indonesia sejak 11 Juni 1971. Tipe S90Z adalah produksi pertama dari Honda untuk pasaran Indonesia. Tipe ini merupakan kendaraan bisnis dan dianggap sebagai pembaruan dari tipe S90Z. Honda tipe S90Z dibekali mesin 4 tak dan berkapasitas 90 cc. 

Sejak saat itu, permintaan akan Honda terus mengalami peningkatan hingga saat ini. Bahkan motor keluaran Honda termasuk motor dengan teknologi terdepan, seperti mengunggulkan sistem pembakaran injeksinya sejak kedatangan supra pgm fi.

Terbilang sangat jarang motor Honda dengan sistem pembakaran mesin 2 tak. Hanya ada di keluarga Honda Nova dan Honda NSR.

Inovasi Kekinian Honda Hingga 2022

Honda terus berinovasi dan berhasil mengukir sejarah, hingga pada tahun 1973, Honda Benly S110 ikut meramaikan pasaran Tanah Air.

Tipe yang satu ini berkapasitas lebih besar daripada S90Z yaitu 100 cc, dan berhasil memikat hati pecinta otomotif. Motor Honda tipe Benly S100 tersebut digadang-gadang menjadi motor Honda berkapasitas besar pertama di Indonesia.

Memasuki era 1982-1984, Honda membuat gebrakan baru dengan menghadirkan CB100 dan CB 125 yang selangkah lebih maju daripada Benly S100. Di tahun 2001, Honda masih terus mengalami peningkatan dalam bidang ekonomi dan pangsa pasar. 

Menilik dari sejarah panjang Honda di Indonesia, hingga saat ini masih menduduki rating teratas, baik dalam lini matic atau motor bebek. Satu hal yang pasti, inovasi Honda selalu unggulan.

Tahun 2022 honda telah banyak memproduksi motor baru mulai dari CRF250 Rally, CMX 500 Rebel hingga motor matic sejuta umatnya yaitu beat dan vario.

Keunggulan dan Kelemahan Honda

Menurut admin sejarah motor honda tidak terlepas dari sisi keunggulan motor Honda, yaitu adalah efisiensi bahan bakarnya yang tidak tertandingi. Tidak hanya di motor saja, pada kendaraan roda empat pun pabrikan Honda identik dengan konsumsi bahan bakar yang irit.

Kelemahan motor Honda pada umumnya dari sisi body, yaitu lebih cepat mengalami renggang atau kocak, dari segi mesin pun membutuhkan perawatan ekstra sebab sistem pembakaran Honda yang serba elektrik.

Jika dari performa mesin, Honda tergolong biasa saja, namun pabrikan satu ini memiliki banyak varian kendaraan yang mewakili banyak segmentasi konsumen. Mulai dari cross, matic, moge hingga sport bahkan motor polisi honda goldwing.

Baca Juga : Inilah 7 Tips Hemat BBM Untuk Mobil dan Motor

Bagaimana pendapat Anda tentang motor Honda tulis komentar di bawah.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *