Bengkel Las Mobil Jogja

Bengkel Las Mobil Jogja Yang Jadi Idola

Bengkel Las Mobil Jogja biasanya identik dengan pengerjaan las pada mobil jadul. Di mana seiring bertambahnya usia mobil selalu ada korosi yang menghampiri bodi mobil tersebut. Sayangnya, korosi tersebut tidak langsung menjadi perhatian khusus bagi sang pemilik mobil.

Letak korosi tersebut biasanya ada di tempat-tempat terpencil, seperti berada di sela-sela pintu, di atas kolong ruang ban, talang air atap, sela-sela kaca, dan di tempat yang baret namun tidak segera melakukan pengecatan.

Perhatikan juga pinggiran pintu mobil bagian yang paling sering lecet dan tidak terasa timbul karat. Sedangkan bagian yang tersulit ialah di dekat kaca, karena resiko kaca pecah saat proses pelepasan kaca.

Korosi tersebut timbul karena besi bodi yang bercampur dengan air asam dan oksigen. Yang menyebabkan bakteri tetani (penyebab korosi) berkembang lebih cepat. Untuk itu jika mulai timbul luka baret atau bercak karat, sangat penting melakukan pengecatan segera.

Bagi Anda yang di area Jogja, Anda bisa menghubungi alamat maps bengkel las mobil Jogja satu ini : https://g.page/autocarbodyrepair?share

Cara Cek Karat Mobil

1. Perhatikan Keropos Pada Permukaan Cat

Perhatikan permukaan cat yang bergelombang atau berbentuk gelembung-gelembung, bentuk tersebut bisa saja di karenakan karat yang masuk melalui celah cat yang terbuka sehingga merusak bagian dalam panel tersebut.

Silahkan ketuk-ketuk permukaan cat, apabila terdapat perubahan posisi atau pergerakan permukaan, hal tersebut bisa saja terjadi karena adanya karat yang terdapat di balik lapisan cat.

2. Periksa Korosi Pada Kolong Mobil

Telusuri bagian bawah mobil, seperti kolong ban dan risplang bawah, jika ada cover, lepas covernya terlebih dahulu untuk mengetahui plat yang sebenarnya, bersihkan debu dan lumpur yang menempel.

Korosi dapat muncul dikarenakan kotoran tanah yang terjebak dalam sela-sela cover atau kolong mobil bagian bawah. Untuk mencegah karat dalam kolong mobil, sebaiknya menggunakan anti karat sebelum karat itu muncul.

3. Temukan Letak Paling Sering Terkena Karat

Perhatikan warna permukaan cat, terutama di bagian atap, di balik kap mesin, dan di sela-sela baut keseluruhan mobil. Jika, terdapat warna atau bercak kuning segera bersihkan. Jika, bercak tersebut tidak hilang berarti itu adalah karat.

Untuk melakukan perawatannya sangat mudah, sebelum karat itu muncul semprotkan anti karat pada sela-sela baut terutama pada baut variasi yang pemasangannya dengan cara pengeboran membentuk lubang baru.

Tahapan Pengelasan Body Mobil

Sebelum melakukan tahapan pengelasan di bengkel las mobil Jogja, pembaca harus tahu sifat keropos ini memang membuat besi mudah remuk bahkan bolong. Untuk itu penting melakukan inspeksi ke bagian terpencil pada seluruh bodi mobil.

Bagian dari mobil yang sudah terkena karat terlebih dahulu dibersihkan, diamplas bahkan dipotong dengan gerinda jika keropos sudah terlalu parah. Jika sudah tidak terdapat karat, lanjut pada proses pelapisan anti karat berwarna hitam. Kemudaian pelapisan epoxy untuk memperkuat permukaan bodi

Yang terakhir melakukan pengecatan, proses ini melalui beberapa tahapan juga seperti cat dasar, cat warna hingga pernish untuk melindungi cat dari baret.  

Baca Juga : Jasa Dempul Mobil Jogja Terbaik, Catat Tempatnya

Cara Mencegah Karat Pada Mobil

1. Jaga Kelistrikan Tetap Baik

Usahakan aki jangan sampai habis atau tumpah. Walau bagaimanapun aki mengandung arus yang melindungi besi dari karat walaupun tidak signifikan. Namun jika air aki tumpah justru sifat asamnya akan merusak besi di sekitar area tumpahan tersebut.

Ada produk anti karat yang menghantarkan listrik ke bodi untuk mencegah bakteri karat menyebar. Seperti Stop Rust, cara kerjanya melindungi besi dengan arus listrik sekaligus menyerap karat oleh lempengan zinc anoda.

2. Jaga Agar Makanan / Minuman Tidak Tumpah

Minuman dan makanan yang tumpah mengenai lantai mobil akan membuat karpet menjadi lembab. Lama kelamaan,  karpet yang basah tersebut menghantarkan zat asam ke bagian besi mobil.

Selain menimbulkan bau yang kurang nyaman, sebaiknya lakukan pembersihan karpet dengan cara melepasnya dan keringkan bagian besi lantai bodi hingga bersih. Karena sifat dari minuman dan makanan dapat berubah menjadi zat asam.

3. Lakukan Pengecatan Saat Terdapat Baret

Baret yang terjadi membuat bodi mobil tidak terlindungi cat. Hal itu membuat karat leluasa berkembang, sebab bakteri karat mendapatkan media udara oleh oksigen yang beroksidasi.

Selain terletak di bodi luar, benturan yang terjadi pada bodi bagian dalam pun harus segera diperbaiki permukaan catnya. Sebab jika sudah muncul karat maka akan sangat cepat menyebar dan menggerogoti besi bagian dalam.

Lokasi Bengkel Las Mobil Jogja

Di Jogja cukup banyak bengkel las mobil yang melayani perbaikan bentuk hingga pemotongan mobil. Namun jarang yang mengetahui letak bengkel las mobil Jogja yang unggul, seperti bengkel AUTOCABDOYREPAIR.

Dari namanya sudah mencerminkan bengkel mobil ini melayani berbaikan bentuk bodi hingga pengelasan bodi. Jangan ragu untuk konsultasi secara gratis. Dengan harga yang paling terjangkau dan lokasi yang nyaman.

Jika Anda berada di Jogja khususnya daerah sleman, bengkel ini berada di jalan palagan tentara pelajar kilometer 13, dekat dengan sman1ngaglik. Silahkan kunjungi peta lokasi Bengkel Las Mobil Jogja berikut ini : https://g.page/autocarbodyrepair?share

Baca Juga : Bengkel Ketok Magic Jogja Terdekat Lihat Fakta Menariknya

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *